Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA ANDROID “TRIGOMEDIA” PADA IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
ABSTRAK
Gunawan. 2022. “Pengembangan Multimedia Android “TRIGO-MEDIA” pada Implementasi Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran AIR, Multimedia Android “TRIGO MEDIA”
Era society 5.0 menjadi suatu tantangan bagi seorang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran berbasis teknologi agar mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik, salah satunya yaitu dengan mengembangkan multimedia. Selain itu, diperlukan juga strategi pembelajaran dengan mengimplementasikan model pembelajaran yang dalam menunjang keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari pengembangan multimedia android “TRIGO-MEDIA” pada implementasi model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 di SMA Negeri 2 Magelang. Produk multimedia divalidasi oleh 3 validator ahli materi dan 3 validator ahli media untuk mendapatkan kriteria kevalidan produk dan kepraktisan didapatkan dari hasil pengisian angket respon siswa. Kemudian, penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen yaitu The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan persentase 91,03% dari validitas materi dan 90,41% dari validitas media, multimedia berada pada kategori sangat praktis dengan persentase 82,54%. Kemudian, multimedia memenuhi aspek efektif dengan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen (rata-rata nilai TKPMM pada kelas kontrol sebesar 51,71 dan kelas kontrol sebesar 80,23). Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia android “TRIGO-MEDIA” pada implementasi model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
1-UN57.U1-SPM-VII-2022 | MATEMATIKA GUN P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain