Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DIPADU DENGAN TUGAS OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP
ABSTRAK
Nurhidayantti, Feni. 2022. “Efektivitas Pembelajaran Flipped Classroom Dipadu dengan Tugas Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd.
Kemampuan berpikir kreatif adalah keterampilan dalam menciptakan ide atau gagasan yang baru dan unik untuk menyelesaikan permasalahan. Pentingnya kemampuan berpikir kreatif bertolak belakang dengan kondisi yang ada. Salah satu upaya agar kemampuan berpikir kreatif siswa berkembang dengan menggunakan tugas berupa soal open ended. Pemberian pengetahuan awal dengan menerapkan pembelajaran flipped classroom diharapkan lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui efektivitas pembelajaran flipped classroom dipadu dengan tugas open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. 2) Mengetahui besar peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan pembelajaran flipped classroom dipadu dengan tugas open ended. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Magelang. Sebagai sampel yaittu kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes bentuk uraian sebanyak 6 soal yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji T Independen, uji N-Gain, dan uji Effect Size. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji T Independen untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol antara nilai posttest yaitu 0,000 < 0,05, yang artinya ada perbedaan. Pada hasil uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,71 kategori, sedangkan kelas kontrol hanya 0,42 kategori sedang. Hasil uji Effect Size sebesar 1,2769, yang artinya memberikan pengaruh yang tinggi. Hasil penelitian ini adalah (1) penggunaan model pembelajaran flipped classroom dipadu dengan tugas open ended efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan (2) terdapat peningkatan yang tinggi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini karena adanya pengetahuan awal dan pemahaman konsep yang sudah dimiliki siswa membuat lebih siap dalam mengerjakan tugas yang menuntut untuk berpikir kreatif.
Kata Kunci: kemampuan berpikir kreatif, flipped classroom, tugas open ended
7-UN57.U1-SI-VII-2022 | IPA NUR E 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain