Text
SKRIPSI PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM SIRKULASI
ABSTRAK
Vianka, Novita Aninda. 2022. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Sirkulasi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd.
Kata Kunci: Probing Prompting, Keterampilan Berpikir Kritis, Sistem Sirkulasi
Dalam pembelajaran biologi, berpikir kritis merupakan hal yang sangat penting. Keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pembelajaran biologi memberikan peran besar dalam keberhasilan belajar, prestasi belajar, penalaran formal, dan kreativitas. Upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran probing prompting melalui penyelesaian masalah atas pertanyaan-pertanyaan yang bersifat menggali informasi siswa pada materi sistem sirkulasi yang bersifat abstrak dan kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Godong pada materi sirkulasi. Rancangan penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Godong. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling yaitu pemilihan sampel secara acak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan adalah analisis kovarian dengan signifikansi = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran probing prompting diperoleh nilai F hitung > F tabel yaitu (24.959 > 4.034) dengan nilai signifikansi 0.000. Artinya model pembelajaran probing prompting berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Melalui penelitian ini, diharapkan model pembelajaran dapat diterapkan oleh guru dalam kegiatan belajar di kelas untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis.
22-UN57.U1-SPB-VIII-2022 | BIOLOGI VIA P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain