Text
SKRIPSI PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RQA (READING, QUESTIONING, AND ANSWERING) DIPADU CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING AND EXTENDING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SEL DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA PUTRA DAN PUTRI KELAS XI SMA N 1 BANDONGAN
ABSTRAK
Romadhona, Vika Taniya. 2022. “Pengaruh Strategi Pembelajaran RQA (Reading,Questioning, And Answering) Dipadu CORE (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending) Terhadap Pemahaman Konsep Sel dan Keterampilan Metakognitif Siswa Putra Dan Putri”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ericka Darmawan, M.Pd.,
Kata Kunci: Pemahaman konsep, keterampilan metakognitif, perbedaan jenis kelamin, RQA dipadu CORE
Keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep sangat diperlukan dalam pembelajaran biologi. Hal tersebut diperlukan agar siswa mampu memahami konsep materi yang telah diajarkan. Materi biologi yang dirasa sulit oleh siswa adalah materi sel. Hal tersebut dikarenakan materi sel bersifat abstrak. Selain keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep, guru harus memperhatikan perbedaan karakteristik siswa dalam belajar. Salah satu perbedaan karakteristik siswa adalah jenis kelamin. Oleh karena itu perlu diterapkan metode dan model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan metakognitif dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran RQA dipadu dengan CORE terhadap pemahaman konsep siswa putra dan putri. (2) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran RQA dipadu dengan CORE terhadap keterampilan metakognitif siswa putra dan putri.Desain penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Dimana siswa akan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan masingmasing jumlah sampel setiap kelas jumlah 20 siswa yang mencakup 10 siswa putra dan 10 siswa putri. Adapun instrumen yang digunakan yaitu tes dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan teknik pengelompokan dilakukan data tes dengan, dokumentasi, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji ANCOVA diperoleh nilai signifikansi 0,000 untuk pemahaman konsep siswa. Dengan garis regresi menunjukkan bahwa siswa perempuan memiliki nilai pemahaman konsep yang lebih tinggi daripada siswa laki-laki. Sedangkan hasil uji hipotesis terhadap kemampuan metakognitif memiliki nilai signifikansi 0,042. Dengan garis regresi menunjukkan bahwa siswa perempuan memiliki kemampuan metakognitif yang lebih tinggi daripada siswa laki-laki. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran RQA dipadu CORE terhadap pemahaman konsep siswa putra dan putri pada materi sel. Dan terdapat pengaruh strategi pembelajaran RQA dipadu CORE terhadap keterampilan metakognitif siswa putra dan putri pada materi sel.
21-UN57.U1-SPB-VIII-2022 | BIOLOGI ROM P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain