PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RQA (READING, QUESTIONING, AND ANSWERING) DIPADU CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING AND EXTENDING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SEL DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA PUTRA DAN PUTRI KELAS XI SMA N 1 BANDONGAN

VIKA TANIYA ROMADHONA - Nama Orang;

ABSTRAK
Romadhona, Vika Taniya. 2022. “Pengaruh Strategi Pembelajaran RQA (Reading,Questioning, And Answering) Dipadu CORE (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending) Terhadap Pemahaman Konsep Sel dan Keterampilan Metakognitif Siswa Putra Dan Putri”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ericka Darmawan, M.Pd.,
Kata Kunci: Pemahaman konsep, keterampilan metakognitif, perbedaan jenis kelamin, RQA dipadu CORE
Keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep sangat diperlukan dalam pembelajaran biologi. Hal tersebut diperlukan agar siswa mampu memahami konsep materi yang telah diajarkan. Materi biologi yang dirasa sulit oleh siswa adalah materi sel. Hal tersebut dikarenakan materi sel bersifat abstrak. Selain keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep, guru harus memperhatikan perbedaan karakteristik siswa dalam belajar. Salah satu perbedaan karakteristik siswa adalah jenis kelamin. Oleh karena itu perlu diterapkan metode dan model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan metakognitif dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran RQA dipadu dengan CORE terhadap pemahaman konsep siswa putra dan putri. (2) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran RQA dipadu dengan CORE terhadap keterampilan metakognitif siswa putra dan putri.Desain penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Dimana siswa akan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan masingmasing jumlah sampel setiap kelas jumlah 20 siswa yang mencakup 10 siswa putra dan 10 siswa putri. Adapun instrumen yang digunakan yaitu tes dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan teknik pengelompokan dilakukan data tes dengan, dokumentasi, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji ANCOVA diperoleh nilai signifikansi 0,000 untuk pemahaman konsep siswa. Dengan garis regresi menunjukkan bahwa siswa perempuan memiliki nilai pemahaman konsep yang lebih tinggi daripada siswa laki-laki. Sedangkan hasil uji hipotesis terhadap kemampuan metakognitif memiliki nilai signifikansi 0,042. Dengan garis regresi menunjukkan bahwa siswa perempuan memiliki kemampuan metakognitif yang lebih tinggi daripada siswa laki-laki. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran RQA dipadu CORE terhadap pemahaman konsep siswa putra dan putri pada materi sel. Dan terdapat pengaruh strategi pembelajaran RQA dipadu CORE terhadap keterampilan metakognitif siswa putra dan putri pada materi sel.


Ketersediaan
21-UN57.U1-SPB-VIII-2022BIOLOGI ROM P 2022Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI ROM P 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XV;102HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik