Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN KIT PRAKTIKUM PENGAMATAN SEL YANG MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA
ABSTRAK
Hamzah, Linda Timorita. 2022. “Pengembangan KIT Praktikum Pengamatan Sel yang Memanfaatkan Lingkungan Sekitar dan Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc.
Kata Kunci: Mix Method, KIT Praktikum, Pemahaman Konsep, Lingkungan Sekitar
Karakteristik konsep biologi sebagai ilmu yang memiliki obyek kajian berbasis praktis berupa benda konkret dapat dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris melalui praktikum. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi dan siswa SMA Negeri 5 Magelang didapatkan informasi bahwa mengenai praktikum pengamatan sel, tidak dilaksanakan selama daring dan diganti dengan pemberian tugas terstruktur. Sehingga perlu dikembangkan KIT praktikum pengamatan sel yang memanfaatkan lingkungan sekitar yang berisi alat dan bahan praktikum serta LKS berbasis inquiry terbimbing. Rumusan dari penelitian ini adalah bagaimana pengembangan KIT praktikum pengamatan sel yang memanfaatkan lingkungan sekitar dan pengaruhnya untuk kelas XI SMA semester ganjil pada materi sel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan KIT praktikum biologi dan yang memanfaatkan lingkungan sekitar pada materi sel dan menganalisis pengaruhnya terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang di dalamnya terdapat penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini melalui tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran, namun peneliti membatasi penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Adapun yang menjadi subjek penelitian dalam pengembangan media ini yaitu siswa-siswi kelas XI MIPA SMAN 5 Magelang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan materi, lembar validasi tes, soal tes pemahaman konsep, serta angket tanggapan guru dan siswa. Penelitian pengembangan ini telah dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan, namun, langkah disseminate tidak dilakukan. Tahapan yang dilakukan antara lain: 1) pendefinisian (define) yaitu menetapkan dan mendefinisikan syarat pengajaran, melalui tahap ini juga dilakukan analisis untuk menentukan tujuan dan kendala untuk materi pengajaran, 2) perancangan (design) dimana pada tahap ini dilakukan penyusunan media pembelajaran yang dikembangkan, dan 3) pengembangan (develop) dimana pada tahap ini dilakukan pengambangan terhadap KIT praktikum dan melakukan validasi terhadap materi dan media yang dilakukan oleh ahli serta melakukan uji coba secara terbatas dengan kuasi eksperimen sehingga dihasilkanlah KIT praktikum pengamatan sel yang memanfaatkan lingkungan sekitar. Hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil validasi media mendapatkan nilai validitas sebesar 4,00 dengan kriteria valid. (2) Hasil validasi materi mendapatkan nilai validitas sebesar 4,23 dengan kriteria sangat layak. (3) Hasil validasi soal mendapatkan nilai validitas sebesar 3,90 dengan kriteria layak. (4) Hasil uji n-gain pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan pemahaman konsep dengan nilai 0,59 berkategori sedang. (5) Tanggapan guru tentang pengembangan KIT praktikum pengamatan sel memperoleh rata-rata hasil sebesar 82,38% dikategorikan sangat baik dan tanggapan siswa tentang pengembangan KIT praktikum pengamatan sel memperoleh rata-rata hasil sebesar 79,13% dikategorikan baik. Oleh karena itu, KIT praktikum pengamatan sel yang memanfaatkan lingkungan sekitar dinyatakan valid berdasarkan penilaian kevalidan oleh ahli materi sebesar 4,23 (kategori sangat layak) dan ahli media sebesar 3,90 (kategori layak). KIT praktikum juga berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa karena memiliki rerata N-gain dengan nilai signifikansi sebesar 0,59 yang artinya setelah siswa menggunakan KIT yang dikembangkan, pemahaman konsep siswa mengalami kenaikan dengan kategori sedang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti menyarankan pada peneliti selanjutnya agar melanjutkan penelitian pengembangan sampai pada tahap keempat yaitu disseminate serta memfokuskan materi pada salah satu sub materi dari KD yang dipilih.
20-UN57.U1-SPB-VIII-2022 | BIOLOGI HAM P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain