Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI VIRUS DAN LITERASI COVID-19 SISWA SMA N 5 KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Yuniarti, Nur Nafisyah. 2022. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI VIRUS DAN LITERASI COVID-19 SISWA SMA N 5 KOTA MAGELANG. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Sekar Jati Pamungkas, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: Literasi Sains, Literasi Covid-19, Pemahaman Konsep, Project Based Learning
Literasi sains merupakan suatu hal penting untuk meningkatkan pemahaman siswa. Namun literasi sains siswa di Indonesia masih rendah. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi SMA N 5 Kota Magelang, diketahui bahwa kemampuan literasi sains dan pemahaman konsep siswa pada materi virus belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL terhadap pemahaman konsep pada materi virus dan literasi covid-19 siswa. Penelitian ini merupakan quasi-experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 yang ditentukan dengan teknik random cluster. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan soal pretest, posttest, dan angket literasi covid-19. Teknik analisis data hasil pretest dan posttest menggunakan uji Anakova apabila parametrik dan uji Quade’s Rank Analysis of Covariance apabila non-parametrik, sedangkan pada hasil angket menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap pemahaman konsep siswa pada materi virus berdasarkan hasil rata-rata posttest yang diperkuat dengan hasil uji Quade’s Rank Analysis of Covariance bahwa terdapat perbedaan signifikan pemahaman konsep siswa pada materi virus antara kelas X MIPA 1 dengan kelas X MIPA 2. Hasil uji BNT menunjukkan bahwa hasil data berbeda nyata. Selain itu berdasarkan hasil analisis data angket terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap literasi covid-19. Simpulan pada penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap pemahaman konsep pada materi virus dan literasi covid-19 siswa SMA N 5 Kota Magelang. Saran pada penelitian ini model pembelajaran PjBL dapat diterapkan pada pembelajaran materi virus di seluruh siswa kelas X SMA N 5 Kota Magelang, dapat digunakan pada cakupan materi yang lebih luas, penelitian selanjutnya bisa dilakukan ketika pembelajaran telah dilaksanakan secara normal, dan pembagian kelompok pada penelitian ini dapat ditentukan oleh peneliti agar penyebarannya merata.
19-UN57.U1-SPB-VIII-2022 | BIOLOGI YUN P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain