PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN INSTRUMEN IQS (INSTAGRAM QUESTION STICKER) PADA MATERI SISTEM IMUN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 5 DI SMA NEGERI 1 SALAMAN

ANISA APRILIANA - Nama Orang;

ABSTRAK
Apriliana, Anisa. 2022. “Pengaruh Model Discovery Learning dengan Instrumen IQS (Instagram Question Sticker) pada Materi Sistem Imun terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 1 Salaman”. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: Discovery Learning, instrumen IQS, motivasi belajar, sistem imun
Dalam proses pembelajaran, motivasi belajar diartikan sebagai dorongan yang timbul dari peserta didik untuk melaksanakan kegiatan belajar, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkannya. Rendahnya motivasi belajar akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik, sehingga tujuan yang diharapkan menjadi tidak tercapai. Peningkatan motivasi belajar peserta didik dapat diupayakan, salah satunya adalah menghadirkan pembelajaran yang interaktif melalui model Discovery Learning yang dipadu dengan instrumen IQS (Instagram Question Sticker). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan instrumen IQS yang telah dikembangkan dan menganalisis pengaruh motivasi belajar peserta didik kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 1 Salaman melalui penerapan model Discovery Learning yang dipadu dengan instrumen IQS. Model Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk menemukan informasi yang sebelumnya belum diketahui dengan cara mengorganisasikan materi pembelajaran secara mandiri. Sedangkan instrumen IQS adalah salah satu bentuk instrumen pembelajaran yang diaplikasikan dengan memanfaatkan fitur kuis, polling, dan pertanyaan pada Instagram story. Penelitian ini menghasilkan hasil akhir berupa produk instrumen IQS yang dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D. Adapun tahapan pengembangan IQS yang dilaksanakan meliputi define, design, develop, dan disseminate. Instrumen IQS yang dikembangkan telah memenuhi kategori layak dengan skor 76% dari validator ahli materi, 72% dari ahli media, serta 98% dari guru biologi. Selain itu, terdapat pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Salaman dari diterapkannya model Discovery Learning dengan instrumen IQS dalam pembelajaran biologi.


Ketersediaan
18-UN57.U1-SPB-VIII-2022BIOLOGI APR P 2022Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI APR P 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XIV;92HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik