Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN INSTRUMEN IQS (INSTAGRAM QUESTION STICKER) PADA MATERI SISTEM IMUN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 5 DI SMA NEGERI 1 SALAMAN
ABSTRAK
Apriliana, Anisa. 2022. “Pengaruh Model Discovery Learning dengan Instrumen IQS (Instagram Question Sticker) pada Materi Sistem Imun terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 1 Salaman”. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: Discovery Learning, instrumen IQS, motivasi belajar, sistem imun
Dalam proses pembelajaran, motivasi belajar diartikan sebagai dorongan yang timbul dari peserta didik untuk melaksanakan kegiatan belajar, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkannya. Rendahnya motivasi belajar akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik, sehingga tujuan yang diharapkan menjadi tidak tercapai. Peningkatan motivasi belajar peserta didik dapat diupayakan, salah satunya adalah menghadirkan pembelajaran yang interaktif melalui model Discovery Learning yang dipadu dengan instrumen IQS (Instagram Question Sticker). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan instrumen IQS yang telah dikembangkan dan menganalisis pengaruh motivasi belajar peserta didik kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 1 Salaman melalui penerapan model Discovery Learning yang dipadu dengan instrumen IQS. Model Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk menemukan informasi yang sebelumnya belum diketahui dengan cara mengorganisasikan materi pembelajaran secara mandiri. Sedangkan instrumen IQS adalah salah satu bentuk instrumen pembelajaran yang diaplikasikan dengan memanfaatkan fitur kuis, polling, dan pertanyaan pada Instagram story. Penelitian ini menghasilkan hasil akhir berupa produk instrumen IQS yang dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D. Adapun tahapan pengembangan IQS yang dilaksanakan meliputi define, design, develop, dan disseminate. Instrumen IQS yang dikembangkan telah memenuhi kategori layak dengan skor 76% dari validator ahli materi, 72% dari ahli media, serta 98% dari guru biologi. Selain itu, terdapat pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Salaman dari diterapkannya model Discovery Learning dengan instrumen IQS dalam pembelajaran biologi.
18-UN57.U1-SPB-VIII-2022 | BIOLOGI APR P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain