PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS PEMBELAJARAN LUAR RUANGAN TERHADAP PEMAHAMAN MATERI EKOSISTEM SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 4 PURWOREJO

CRISTINA OKTAFIANINGSIH - Nama Orang;

ABSTRAK
Pendidikan adalah usaha sadar manusia untuk menumbuhkan, mengembangkan potensi yang dimiliki sesuai dengan nilai-nilai yang terdapat di masyarakat dan sesuai dengan kebudayaan kemudian diwariskan kepada generasi berikutnya untuk dikembangkan dalam proses pendidikan. Proses pembelajaran merupakan salah satu aspek penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Penerapan kontekstual yang dipadukan dengan pembelajaran luar ruangan dalam pembelajaran biologi kelas X materi ekosistem diharapkan dapat meningkatkan pemahaman materi siswa. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan pendekatan kontekstual berbasis pembelajaran luar ruangan untuk meningkatkan pemahaman materi dan bagaimana keefektifan pendekatan kontekstual berbasis pembelajaran luar ruangan terhadap pemahaman materi ekosistem. Sejalan dengan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh pedekatan kontekstual berbasis pembelajaran luar ruangan serta keefektifan dalam meningkatkan pemahaman materi ekosistem. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Group Design. Subjek penelitian ini siswa SMA Negeri 4 Purworejo, kelas X MIPA sejumlah 108 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 72 siswa yang berasal dari kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Pengumpulan data menggunakan hasil nilai pretest dan Posttest serta lembar observasi, dan uji N-gain untuk mengetahui keefektifan pendekatan kontekstual berbasis pembelajaran luar ruangan. Hasil penelitian dari lembar observasi menunjukkan hasil nilai yang dihitung menggunakan kriteria skala Likert pada kelas kontrol didapatkan kriteria nilai 60% sedangkan pada kelas eksperimen 92%. Pada uji N-gain didapatkan hasil pada kelas eksperimen yaitu 81 sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai 76. Pada hasil nilai tes Pretest dan Posttest dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji non parametrik yaitu uji Mann Whitney nilai sig 0,005 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual berbasis pembelajaran luar ruangan yang dilaksanakan di SMA N 4 Purworejo dapat meningkatkan pemahaman materi ekosistem.
Kata Kunci: Model pembelajaran Kontekstual, pembelajaran luar ruangan, pemahaman materi siswa, ekosistem.


Ketersediaan
17-UN57.U1-SPB-VII-2022BIOLOGI OKT P 2022Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI OKT P 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XV;66HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik