Text
SKRIPSI PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS PEMBELAJARAN LUAR RUANGAN TERHADAP PEMAHAMAN MATERI EKOSISTEM SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 4 PURWOREJO
ABSTRAK
Pendidikan adalah usaha sadar manusia untuk menumbuhkan, mengembangkan potensi yang dimiliki sesuai dengan nilai-nilai yang terdapat di masyarakat dan sesuai dengan kebudayaan kemudian diwariskan kepada generasi berikutnya untuk dikembangkan dalam proses pendidikan. Proses pembelajaran merupakan salah satu aspek penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Penerapan kontekstual yang dipadukan dengan pembelajaran luar ruangan dalam pembelajaran biologi kelas X materi ekosistem diharapkan dapat meningkatkan pemahaman materi siswa. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan pendekatan kontekstual berbasis pembelajaran luar ruangan untuk meningkatkan pemahaman materi dan bagaimana keefektifan pendekatan kontekstual berbasis pembelajaran luar ruangan terhadap pemahaman materi ekosistem. Sejalan dengan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh pedekatan kontekstual berbasis pembelajaran luar ruangan serta keefektifan dalam meningkatkan pemahaman materi ekosistem. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Group Design. Subjek penelitian ini siswa SMA Negeri 4 Purworejo, kelas X MIPA sejumlah 108 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 72 siswa yang berasal dari kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Pengumpulan data menggunakan hasil nilai pretest dan Posttest serta lembar observasi, dan uji N-gain untuk mengetahui keefektifan pendekatan kontekstual berbasis pembelajaran luar ruangan. Hasil penelitian dari lembar observasi menunjukkan hasil nilai yang dihitung menggunakan kriteria skala Likert pada kelas kontrol didapatkan kriteria nilai 60% sedangkan pada kelas eksperimen 92%. Pada uji N-gain didapatkan hasil pada kelas eksperimen yaitu 81 sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai 76. Pada hasil nilai tes Pretest dan Posttest dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji non parametrik yaitu uji Mann Whitney nilai sig 0,005 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual berbasis pembelajaran luar ruangan yang dilaksanakan di SMA N 4 Purworejo dapat meningkatkan pemahaman materi ekosistem.
Kata Kunci: Model pembelajaran Kontekstual, pembelajaran luar ruangan, pemahaman materi siswa, ekosistem.
17-UN57.U1-SPB-VII-2022 | BIOLOGI OKT P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain