Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI JAMUR KELAS X MIPA MAN 1 MAGELANG
ABSTRAK
Faradea Tiara Putri. 2022. “Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi belajar siswa pada materi jamur kelas X MIPA MAN 1 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Sekar Jati Pamungkas, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd.
Penelitian dengan judul Pengaruh model pembalajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi belajar siswa pada materi jamur kelas X MIPA MAN 1 Magelang. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah diperlukan adanya upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengubah peran guru sebagai pusat informasi (teacher centered) menjadi berperan sebagai fasilitator, mediator dan teman yang memberikan kondisi yang kondusif untuk terjadinya konstruksi pengetahuan, memungkinkan siswa terlibat secara aktif, sehingga motivasi dan aktifitas siswa meningkat. Tujuan dalam penelitian ini yaitu, (1) Untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Biologi materi Jamur dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas X MIPA MAN 1 Magelang, (2) Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Biologi materi Jamur dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas X MIPA MAN 1 Magelang. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan Pretest-postest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di MAN 1 Magelang tahun pelajaran 2021/2022.Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas dari total kelas populasi yang dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen yang ditentukan dengan menggunakan claster random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji independent T Test pada taraf signifikansi α=0,05 dan uji N-Gain, serta dianalisis dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada nilai pretest sebesar 56,06 mengalami peningkatan pada nilai posttest sebesar 80,06 dengan rata-rata peningkatan pretest ke posttest sebesar 24%; (2) dari nilai rata-rata motivasi belajar ke-1 sebesar 65,67 mengalami peningkatan pada nilai rata-rata motivasi belajar ke-2 sebesar 81,45 dengan rata-rata 16,65% dengan adanya penaruh model pembelajaran Think Pair Share. Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan motivasi belajar siswa. Guru perlu lebih kreatif lagi agar dapat mengembangkan model pembelajaran yang dilaksanakan, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa.
Kata Kunci: Think Pair Share, hasil belajar kognitif, motivasi belajar, materi jamur
16-UN57.U1-SPB-VII-2022 | BIOLOGI PUT P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain