Text
SKRIPSI PENGARUH TERPAAN IKLAN “LAZADA HAUL” DI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN DI MARKETPLACE LAZADA (Studi Pada Akun TikTok @lazadaID)
ABSTRAK
PENGARUH TERPAAN IKLAN “LAZADA HAUL” DI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN DI MARKETPLACE LAZADA (Studi Pada Akun TikTok LazadaID)
NOVANGGA PRADHANA FIDIANANDA
NPM. 1710202031
Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Pada masa pandemi Covid-19 saat ini, perusahaan berlomba-lomba untuk mempromosikan produknya dengan cara yang kreatif dan inovatif agar dapat bertahan dari krisis yang dialami, salah satunya adalah LAZADA. Upaya periklanan juga meningkat. Terpaan iklan adalah iklan yang ditempatkan agar calon pembeli dapat melihat, mendengar, atau membaca iklan tersebut. Salah satu cara LAZADA dapat melakukan ini adalah dengan menampilkan iklan LAZADA HAUL di media sosial TikTok yang dirancang untuk mempengaruhi minat beli konsumen. Penelitian ini mencakup 2 (dua) variabel, yaitu variabel terpaan iklan (X) sebagai variabel bebas dan variabel Minat Beli (Y) sebagai variabel terikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan terhadap minat beli. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme atau klasik dan metode kuantitatif sebagai pendekatannya, jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research, dan metode yang digunakan adalah survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purpose sampling dengan jumlah 100 responden. Sedangkan jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada followers akun TikTok @lazadaID, serta data sekunder berupa buku, jurnal ilmiah, internet dan bentuk observasi lapangan lainnya. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa indikator Frekuensi dalam terpaan iklan dengan tingkat signifikansi 0,299 dan nilai ttabel 1,660 sehingga thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 1,045 < 1,660 dan nilai signifikansinya 0,299 > 0,05 tidak memiliki pengaruh secara signifikan dibanding dua indikator lain yakni Durasi dan Intensitas terhadap variabel Minat Pembelian.
Kata kunci : Terpaan Iklan, Minat Pembelian, TikTok.
13-UN57.U1-SIK-VII-2022 | KOMUNIKASI FID P 2022 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain