Text
SKRIPSI PENGARUH TERPAAN AKUN MEDIA SOSIAL TIKTOK @ACABILLAACA TERHADAP MINAT BELI PRODUK OLEH FOLLOWERS
ABSTRAK
Pengaruh Terpaan Akun Media Sosial Tiktok @acabillaaca Terhadap Minat Beli Produk Oleh Followers
AUSTIN RISKYTA INDIRA PUTRI
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Tiktok menjadi fenomena yang populer di kalangan pengguna media sosial di Indonesia. Tren “Racun Tiktok” merupakan salah satu konten yang digemari oleh para pengguna aplikasi Tiktok. Akun @acabillaaca salah satu content creator pada aplikasi Tiktok yang konten-konten review produk kecantikannya banyak disukai oleh pengguna Tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan dari akun @acabillaaca terhadap minat beli para followers-nya dengan menggunakan Teori cognitive response sebagai landasan teori. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dan pengumpulan data melalui kuisioner yang dibagikan kepada followers akun tiktok @acabillaaca. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terpaan akun media sosial Tiktok @acabillaaca mempengaruhi minat beli followers. Sedangkan secara parsial menunjukan hasil yaitu variabel intensitas pesan (X1) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli (Y) (Ha ditolak dan H0 diterima) dengan nilai t hitung sebesar 0,714 < 1,6604 dan nilai signifikansi sebesar 0,477 > 0,05. Sedangkan variabel isi pesan (X2) dan variabel daya tarik pesan (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli (Y) secara parsial (Ha diterima dan H0 ditolak) dengan masing – masing memiliki nilai signifikansi yang sama yaitu sebesar 0,000 < 0.05.
Kata kunci: tiktok, kreator konten, respon kognitif, terpaan media, minat beli
12-UN57.U1-SIK-VII-2022 | KOMUNIKASI PUT P 2022 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain