Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL IPA TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN RIAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI SMP NEGERI 5 MAGELANG
ABSTRAK
Warningsih, Istiya. 2022. “Pengembangan Modul IPA Tema Pencemaran Lingkungan Berbasis Model Pembelajaran RIAS untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di SMP Negeri 5 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Siswanto, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Modul, Model Pembelajaran RIAS, Berpikir Kritis
Penelitian ini di latar belakangi belum adanya pengembangan modul berbasis model pembelajaran RIAS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis di SMP Negeri 5 Magelang pada mata pelajaran IPA kelas VII. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di SMP Negeri 5 Magelang belum menggunakan modul yang efektif dalam menyampaikan materi pencemaran lingkungan berbasis model pembelajaran RIAS yang mampu memotivasi siswa dalam belajar. Tujuan penelitian pengembangan adalah untuk menganalisis kelayakan modul IPA berdasarkan penilaian validator materi dan validator bahan ajar, mengetahui besar kenaikan kemampuan berpikir kritis setelah menggunakan modul IPA berbasis model pembelajaran RIAS, serta menganalisis kepraktisan modul IPA berbasis model pembelajaran RIAS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memakai prosedur pengembangan model ADDIE yang meliputi lima tahap pengembangan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Desain uji coba yang dilakukan adalah one grup pretest-posttest dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa kelas VII semester II dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian kelayakan oleh validator materi dan validator bahan ajar menunjukkan kriteria sangat baik dengan presentase 84,6% dari validator materi dan 89,1% dari validator bahan ajar. Kenaikan kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari pebedaan hasil pretest dan posttest yang dihitung skor n-gainnya bernilai 0,63 dengan kriteria sedang. Respon siswa terhadap modul IPA berbasis model pembelajaran RIAS yang dikembangkan mendapat perolehan skor sebesar 92,2% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian pengembangan ini yaitu modul IPA berbasis model pembelajaran RIAS telah memenuhi kelayakan pengembangan modul, efektifitas pengembangan modul dan kepuasan siswa atas modul yang dikembangkan. Saran dari penelitian ini yaitu menambahkan nilai-nilai karakter siswa.
8-UN57.U1-SI-VII-2022 | IPA WAR P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain