Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA MOTIF BATIK KHAS MAGELANG UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TRANSFORMASI GEOMETRI
ABSTRAK
Septena, Venanda A. 2022. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Motif Batik Khas Magelang untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Transformasi Geometri”. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, M. Pd., Pembimbing II Fadhilah Rahmawati, M. Pd.
Kata Kunci: Etnomatematika, Lembar Kerja Peserta Didik, Pemahaman Konsep
Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum ada LKPD berbasis etnomatematika motif batik khas Magelang di SMP Negeri 1 Tegalrejo dan pembelajarannya belum dikaitkan dengan etnomatematika kehidupan nyata. Selain itu, untuk memahami konsep transformasi geometri peserta didik yang masih kesulitan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis etnomatematika motif batik khas Magelang yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep transformasi geometri. Tahap pendefinisian, desain, pengembangan, dan penyebaran adalah model penelitian dan pengembangan 4D yang digunakan pada penelitian ini. Tes pemahaman konsep, lembar validasi LKPD, dan angket respon peserta didik adalah instrumen yang digunakan. Tiga ahli materi dan tiga ahli bahan ajar menguji validitas LKPD. Tiga puluh satu peserta didik kelas IX B SMP Negeri 1 Tegalrejo menyelesaikan uji kepraktisan dan tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menyatakan bahwa LKPD berbasis etnomatematika motif batik khas Magelang bertujuan meningkatkan pemahaman konsep transformasi geometri yang valid ditinjau dari validitas LKPD dengan 86,31% sangat valid. Menurut respon peserta didik, 89,61% LKPD sangat praktis. Sedangkan hasil analisis efektivitas LKPD dari pretest dan posttest yang dianalisis dengan perhitungan N-Gain didapat hasil 0,62 kategori sedang, sehingga LKPD efektif digunakan. Penelitian ini disimpulkan bahwa LKPD berbasis etnomatematika motif batik khas Magelang memenuhi syarat valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep transformasi geometri. Saran dari penelitian ini LKPD yang dikembangkan berbasis etnomatematika motif batik khas Magelang harus dilakukan agar peserta didik dapat mengembangkan kebiasaan belajar melalui LKPD, dan guru diharapkan untuk mengembangkan LKPD berbasis etnomatematika yang beragam agar pemahaman konsep peserta didik meningkat serta mendapatkan hasil belajar yang lebih baik.
8-UN57.U1-SPM-VIII-2022 | MATEMATIKA SEP P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain