Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 MUNTILAN
ABSTRAK
Aprilia Mardiyaningsih 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan Di SMA Negeri 1 Muntilan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ericka Darmawan, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar siswa materi perubahan lingkungan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Muntilan. Metode yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain pretestposttest control group design dan teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes pilihan ganda, lembar angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sampel T-test, uji Mann Whitney U test dan uji gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, rata-rata nilai posttest keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen sebesar 87,06 sedangkan pada kelas kontrol 82,65. Dari analisis uji t hasil keterampilan berpikir tingkat tinggi diperoleh sig. sebesar 0,031 terlihat bahwa nilai sig. < 0,05 maka H0 ditolak. Hasil analisis uji gain ternormalisasi diperoleh rata-rata N-Gain keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen sebesar 56,71%, sedangkan pada kelas kontrol 41,60%. Sedangkan analisis hasil motivasi belajar di peroleh median motivasi awal dan motivasi akhir adalah 4. Hasil uji mann whitney u test motivasi belajar diperoleh sig. sebesar 0,029 yang diartikan bahwa sig. < 0,05 maka H0 ditolak. Frekuensi siswa yang berkategori sangat tinggi (29,41%) lebih banyak daripada frekuensi siswa berkategori sangat tinggi pada kelas kontrol (5,88%). Dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar siswa. Model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional ditinjau dari keterampilan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar siswa.
Kata kunci: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi Belajar
26-UN57.U1-SPB-VIII-2022 | BIOLOGI MAR P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain