Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SERTA KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA KELAS XI SMA
ABSTRAK
Faiqoh, 2022. “Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Solving Pada Materi Sistem Ekskresi dan Pengaruhnya terhadap Pemahaman Konsep serta Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas XI SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi selama kegiatan pembelajaran yang menunjukkan bahwa keterampilan metakognitif siswa selama pembelajaran belum maksimal dilihat dari sikap kerjasama siswa yang kurang, rendahnya kemampuan diskusi, rendahnya sikap disiplin siswa dalam mengerjakan ulangan harian dan mengumpulkan tugas, serta kemampuan siswa dalam memecahkan masalah masih kurang dikarenakan siswa sulit untuk mengontrol pemikirannya sendiri. Selain itu siswa belum menguasai dengan baik mengenai keterampilan metakognitif selama pembelajaran karena sebagian besar siswa belum bisa memaksimalkan waktu untuk berpikir dan mengontrol kegiatan pembelajarannya agar dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan e-modul berbasis problem solving, (2) mengetahui pengaruh e-modul terhadap pemahaman konsep, dan (3) mengetahui pengaruh e-modul terhadap keterampilan metakognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluations) yang dimodifikasi pada tahap implementasi dengan uji coba secara quasi eksperimen menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Jumlah sampel penelitian adalah 30 peserta didik kelas XI MIPA 1 dan 30 peserta didik kelas XI MIPA 2. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil kelayakan e-modul berbasis problem solving secara keseluruhan layak digunakan sebagai bahan ajar berdasarkan hasil validasi pengembangan bahan ajar (84,72%) dan validasi materi (90,63%) dengan kategori sangat valid. Hasil kelayakan e-modul juga didukung berdasarkan hasil tanggapan peserta didik (77,28%) dengan kategori praktis dan hasil tanggapan guru biologi (86,88%) dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep dan keterampilan metakognitif peserta didik yang menggunakan e-modul dengan tidak menggunakan e-modul. Hal tersebut menunjukkan bahwa e-modul berbasis problem solving memberikan pengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan metakognitif siswa. Peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan metakognitif dikategorikan sedang dengan nilai N-gain berturut-turut yaitu 0,70 dan 0,38.
Kata kunci: E-modul Berbasis Problem Solving, Sistem Ekskresi, Pemahaman Konsep, Keterampilan Metakognitif
25-UN57.U1-SPB-VIII-2022 | BIOLOGI FAI P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain