PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN STEM-PjBL BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN EFIKASI DIRI SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN

SITI AMILIA - Nama Orang;

ABSTRAK
Siti Amilia, 2022. “Keefektifan Pembelajaran STEM-PjBL Berbasis Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Efikasi Diri Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: STEM-PjBL, Keterampilan Berpikir Kritis, Efikasi Diri, Permainan Tradisional, Sistem Pernapasan
Pendidikan merupakan salah satu tantangan berat di era revolusi industri 4.0. Guru harus menguasai kompetensi mengajar untuk mempersiapkan dan mengembangkan kompetensi siswa dalam menghadapi tuntutan revolusi industri 4.0. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki siswa adalah keterampilan berpikir kritis. Salah satu faktor untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yaitu efikasi diri. Semakin tinggi efikasi diri siswa maka semakin baik keterampilan berpikir kritisnya. Berdasarkan observasi awal di SMA N 2 Magelang pada kelas XI MIPA 1 diperoleh data bahwasanya keterampilan berpikir kritis masih belum optimal dilihat berdasarkan hasil belajar siswa pada soal tingkat tinggi. Selanjutnya dilakukan angket gambaran awal mengenai efikasi diri siswa, efikasi diri siswa belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran STEMPjBL berbasis permainan tradisional untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan. Tujuan kedua dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan pembelajaran STEM-PjBL berbasis permainan tradisional untuk meningkatkan efikasi diri siswa pada materi sistem pernapasan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA N 2 Magelang dengan jumlah sampel sebanyak 2 kelas yaitu XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk menguji keterampilan berpikir kritis adalah soal pilihan yang mengacu pada WGCTA (Watson Glaser Critical Thinking Appraisal) dan efikasi diri diuji menggunakan angket. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan SPSS 25 menggunakan uji independent sample t-test sebagai uji hipotesis dan uji N-Gain untuk mengetahui keefektifan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil uji t keterampilan berpikir kritis dengan taraf signifikansi 0,000 yang artinya terdapat perbedaan tingkat keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya dihasilkan N-Gain 0,61 pada kelas eksperimen dan 0,39 pada kelas kontrol yang artinya terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran. Selanjutnya pada efikasi diri diperoleh nilai uji T dengan taraf signifikansi 0,000 yang artinya terdapat perbedaan tingkat efikasi diri siswa antara dua kelas. Hasil skor N-Gain kelas eksperimen 0,54 dan kelas kontrol 0,34 yang artinya memiliki keefektifan berbeda pada penerapan pembelajaran. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran STEMPjBL berbasis permainan tradisional efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan. Pembelajaran STEM-PjBL berbasis permainan tradisional efektif untuk meningkatkan efikasi diri siswa pada materi sistem pernapasan.


Ketersediaan
24-UN57.U1-SPB-VIII-2022BIOLOGI AMI K 2022Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI AMI K 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XVI;84HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik