Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN STEM-PjBL BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN EFIKASI DIRI SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN
ABSTRAK
Siti Amilia, 2022. “Keefektifan Pembelajaran STEM-PjBL Berbasis Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Efikasi Diri Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: STEM-PjBL, Keterampilan Berpikir Kritis, Efikasi Diri, Permainan Tradisional, Sistem Pernapasan
Pendidikan merupakan salah satu tantangan berat di era revolusi industri 4.0. Guru harus menguasai kompetensi mengajar untuk mempersiapkan dan mengembangkan kompetensi siswa dalam menghadapi tuntutan revolusi industri 4.0. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki siswa adalah keterampilan berpikir kritis. Salah satu faktor untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yaitu efikasi diri. Semakin tinggi efikasi diri siswa maka semakin baik keterampilan berpikir kritisnya. Berdasarkan observasi awal di SMA N 2 Magelang pada kelas XI MIPA 1 diperoleh data bahwasanya keterampilan berpikir kritis masih belum optimal dilihat berdasarkan hasil belajar siswa pada soal tingkat tinggi. Selanjutnya dilakukan angket gambaran awal mengenai efikasi diri siswa, efikasi diri siswa belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran STEMPjBL berbasis permainan tradisional untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan. Tujuan kedua dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan pembelajaran STEM-PjBL berbasis permainan tradisional untuk meningkatkan efikasi diri siswa pada materi sistem pernapasan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA N 2 Magelang dengan jumlah sampel sebanyak 2 kelas yaitu XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk menguji keterampilan berpikir kritis adalah soal pilihan yang mengacu pada WGCTA (Watson Glaser Critical Thinking Appraisal) dan efikasi diri diuji menggunakan angket. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan SPSS 25 menggunakan uji independent sample t-test sebagai uji hipotesis dan uji N-Gain untuk mengetahui keefektifan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil uji t keterampilan berpikir kritis dengan taraf signifikansi 0,000 yang artinya terdapat perbedaan tingkat keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya dihasilkan N-Gain 0,61 pada kelas eksperimen dan 0,39 pada kelas kontrol yang artinya terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran. Selanjutnya pada efikasi diri diperoleh nilai uji T dengan taraf signifikansi 0,000 yang artinya terdapat perbedaan tingkat efikasi diri siswa antara dua kelas. Hasil skor N-Gain kelas eksperimen 0,54 dan kelas kontrol 0,34 yang artinya memiliki keefektifan berbeda pada penerapan pembelajaran. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran STEMPjBL berbasis permainan tradisional efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan. Pembelajaran STEM-PjBL berbasis permainan tradisional efektif untuk meningkatkan efikasi diri siswa pada materi sistem pernapasan.
24-UN57.U1-SPB-VIII-2022 | BIOLOGI AMI K 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain