Text
SKRIPSI PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISTEM ENDOKRIN DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA
ABSTRAK
Dita Arista Azahro 2022. “Pengaruh Metode Pembelajaran Everyone is A Teacher Here Terhadap Pemahaman Konsep Sistem Endokrin dan Kemampuan Komunikasi Siswa”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd.
Kata kunci: Kemampuan komunikasi, Metode pembelajaran everyone is a teacher here, Pemahaman konsep , Sistem endokrin.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep siswa pada materi sistem endokrin dan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan tingkat pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi siswa antara metode pembelajaran everyone is a teacher here dengan metode pembelajaran konvensional, dan menganalisis metode pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi siswa. Metode yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswi kelas XI IPA A dan B MA Yajri Payaman, kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar tes, lembar angket, dan lembar observasi. Data yang diperoleh dari penelitian adalah hasil nilai pretest dan postest materi sistem edokrin, serta hasil pengisian angket kemampuan komunikasi siswa. Teknik anaisis data yang digunakan dalam penelitian ini uji independent sampel T-test dan uji Normalized Gain. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil pretest 51.73 pada kelas eksperimen, dan 49.61 untuk kelas kontrol, sedangkan untuk postest diperoleh hasil rata-rata 80 untuk kelas eksperimen dan 72.20 pada kelas kontrol. Untuk pengisian angket diperoleh hasil awal 70.4 kelas eksperimen dan 71.4 kelas kontrol, sedangkan untuk kemampuan akhir diperoleh hasil 79.6 pada kelas ekperimen dan 77.2 pada kelas kontrol. Hasil perhitungan data yang telah diperoleh sebagai berikut: uji independent sampel T-test data hasil postest soal sebesar 0.036 hasil N-Gain 0.57 dan 0.49 dalam kategori sedang, hasil uji independent sampel T-test data hasil pengisian angket akhir sebesar 0.045, hasil N-Gain 0.31 dalam kategori sedang dan 0.21 dalam kategori rendah. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh metode pembelajaran everyone is a teacher here terhadap pemahaman konsep sistem endokrin dan kemampuan komunikasi siswa, dan penerapan metode pembelajaran everyone is a teacher here lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi sistem endokrin dan kemampuan komunikasi siswa.
23-UN57.U1-SPB-VIII-2022 | BIOLOGI AZA P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain