Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERPENDEKATAN HYPERCONTENT PADA MATERI EKOLOGI
ABSTRAK
Munawaroh, Siti. 2022. “Pengambangan Modul Pembelajaran Biologi Berpendekatan Hypercontent Pada Materi Ekologi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd.
Kata Kunci: Modul Hypercontent, Ekologi, Pemahaman Konsep
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya bahan ajar yang menarik dan kurangnya pemahaman konsep siswa di SMA Muhammadiyah 2 Kota Magelang. Bahan ajar yang digunakan guru yaitu buku paket dan LKS dengan catatan yang disusun oleh guru mata pelajaran. Materi yang tertera dalam bahan ajar tersebut sudah sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa namun materi yang disajikan belum menunjukkan adanya konsep pembelajaran yang menarik. Oleh karena itu perlu adanya perangkat pembelajaran yang dapat mengatasi persoalan tersebut salah satunya yaitu dengan menggunakan modul pembelajaran berpendekatan hypercontent. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) menganalisis kelayakan modul pembelajaran biologi berpendekatan hypercontent (2) menganalisis efektivitas modul pembelajaran biologi berpendekatan hypercontent untuk mengetahui pemahaman konsep siswa SMA Muhammadiyah 2 Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4 D. Prosedur penelitiannya terdiri atas tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan diseeminate (penyebaran). Tahap diseeminate tidak dilakukan karena kurangnya waktu dan biaya dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, lembar validasi, angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul hypercontent dinyatakan layak. Hasil kelayakan ini diperoleh dari ahli materi sebesar 88% dengan kriteria sangat layak, ahli media sebesar 70% dengan kriteria layak. Hasil uji coba skala kecil didapat nilai pretest dan posttest kemudian diuji N gain diperoleh nilai sebesar 0,38 dengan kriteria sedang sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul dapat berpengaruh dalan meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini telah memenuhi aspek kelayakan pengembangan media dan efektifitas pengembangan media dalam mengetahui pemahaman konsep siswa SMA Muhammadiyah 2 Kota Magelang. Saran dalam penelitian ini yaitu penggunaan modul berpendekatan hypercontent agar dapat dioptimalkan dalam kegiatan pembelajaran. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan agar kesalahan dalam modul dapat diperbaiki.
28-UN57.U1-SPB-VIII-2022 | BIOLOGI MUN P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain