Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DRAGON BALL TERHADAP KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X MAN 2 MAGELANG
ABSTRAK
Khumaiya, L. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Dragon Ball terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X MAN 2 Magelang.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M.Pd., Pembimbing II Sekar Jati Pamungkas, M.Pd.
Kata Kunci: Dragon ball, Keaktifan, Pemahaman Konsep
Pembelajaran biologi materi perubahan lingkungan di MAN 2 Magelang, pada pelaksanaannya untuk keaktifan dan pemahaman konsep siswa dapat dikatakan belum optimal. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai ulangan harian siswa kelas X MAN 2 Magelang pada materi perubahan lingkungan tahun ajaran 2020/2021.
Tujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran dragon ball terhadap keaktifan siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X MAN 2 Magelang. (2) menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran dragon ball terhadap pemahaman konsep siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X MAN 2 Magelang.
Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen. Desain penelitian ini adalah non equivalent control group design dengan menggunakan dua kelas yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jumlah sampel terdiri dari 29 siswa kelas eksperimen dan 29 siswa kelas kontrol. Jenis instrumen yang digunakan adalah soal pretest post test, lembar observasi keaktifan, lembar wawancara, dan lembar angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran dragon ball: (1) terbukti berpengaruh terhadap keaktifan siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan presentase keaktifan siswa pada kelas eksperimen dari 55,17% pada pertemuan pertama menjadi 70,06% pada pertemuan kedua. Tentunya presentase keaktifan siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada presentase keaktifan kelas kontrol. (2) terbukti berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata pretest dan post test siswa. Nilai rata-rata pretest siswa yaitu 56,07 mengalami peningkatan pada saat post test dengan nilai rata-rata 75,26. Tentunya nilai rata-rata pretest dan post test siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata pretest dan post test siswa kelas kontrol.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran dragon ball berpengaruh terhadap keaktifan dan pemahaman konsep siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X MAN 2 Magelang. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan membuat perencanaan yang lebih matang dan melakukan perbaikan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan motivasi untuk penelitian selanjutnya dengan pemilihan teknik pembelajaran yang lebih baik
27-UN57.U1-SPB-VIII-2022 | BIOLOGI KHU P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain