Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA DI SMPIT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Rahmawati, Jiantika. 2022. “Pengembangan Desain Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Karakter Pelajar Pancasila di SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: karakter Pelajar Pancasila, bernalar kritis, kreatif, desain pembelajaran
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya karakter Pelajar Pancasila pada aspek bernalar kritis dan kreatif siswa SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Kegiatan pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru menyebabkan siswa kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga keterampilan bernalar kritis dan kreatif siswa kurang dilatihkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa desain pembelajaran IPA untuk meningkatkan karakter Pelajar Pancasila pada aspek bernalar kritis dan kreatif. Pengembangan produk ditinjau dari kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan desain pembelajaran dalam meningkatkan Karakter Pelajar Pancasila pada aspek bernalar kritis dan kreatif. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan dengan model Learning Development Cycle (LDC) yang meliputi lima fase, yaitu 1) scope. 2) creation, 3) user experience, 4) meta evaluation, 5) evaluation. Tahap implementasi produk pengembangan dilakukan dengan desain uji coba one group pretest-posttest dengan subjek penelitian sejumlah 22 siswa kelas VII SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Hasil pengembangan desain pembelajaran ditinjau dari kelayakan konstruk memperoleh skor sebesar 4,18 dan kelayakan isi sebesar 4,00 dengan kategori layak. Keefektifan desain pembelajaran setelah tahap implementasi berdasarkan uji N-Gain terhadap nilai pretest dan posttest diperoleh skor N-Gain sebesar 0,40 yang termasuk dalam kategori peningkatan Sedang. Kepraktisan desain pembelajaran berdasarkan penilaian keterlaksanaan pada aktivitas guru memperoleh skor sebesar 88,12% dan aktivitas siswa sebesar skor 84,93% dengan kategori Sangat Praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah desain pembelajaran IPA yang dikembangkan dinyatakan layak, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam meningkatkan karakter Pelajar Pancasila pada aspek bernalar kritis dan kreatif di SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Saran dalam penelitian ini yaitu agar dioptimalkan setiap aktivitas pembelajaran yang melatihkan setiap indikator bernalar kritis maupun kreatif, agar menghasilkan peningkatan yang lebih baik pada keterampilan bernalar kritis dan kreatif.
10-UN57.U1-SI-VIII-2022 | IPA RAH P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain