Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN INSTRUMEN UNTUK MENGUKUR MISKONSEPSI SISWA SMP MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA KONSEP INDERA PENDENGAR DAN SISTEM SONAR MAKHLUK HIDUP
ABSTRAK
Sulatin, Anggeria. 2022. “Pengembangan Instrumen Untuk Mengukur Miskonsepsi Siswa SMP Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) Pada Konsep Indera Pendengaran dan Sistem Sonar Makhluk Hidup”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Siswanto, M.Pd. Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd.
Kata Kunci: Instrumen, Miskonsepsi, Indera Pendengaran Dan Sistem Sonar Makhluk Hidup
Materi indera pendengar dan sistem sonar makhluk merupakan materi yang abstrak sehingga sulit untuk dikuasai oleh siswa, akan berdampak pada munculnya miskonsepsi siswa. Berdasarkan wawancara kepada guru IPA SMP Negeri 2 Sukoharjo mengungkapkan bahwa kesulitan siswa dalam materi ini memiliki persentase diatas 50%, kebanyakan siswa memang kesulitan memahami konsep ini namun guru belum bisa menjelaskan apakah siswa salah konsep atau mengalami miskonsepsi karena guru belum melakukan menelaah lebih jauh, serta belum adanya instrumen untuk mengidentifikasi hal tersebut. Mendeteksi miskonsepsi dibutuhkan suatu diagnosa yang tepat terkait miskonsepsimiskonsepsi dialami pada siswa, salah satunya dengan teknik Certainty Of Response Index (CRI). Berdasarkan hal tersebut maka perlu dikembangkannya instrumen untuk mengukur miskonsepsi siswa SMP menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) dengan bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrument yang dikembangkan ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal serta untuk mengetahui tingkat miskonsepsi siswa SMP pada konsep indera pendengar dan sistem sonar makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan yang mengabdopsi pada penelitian Tiruneh, dkk (2017) yang telah melakukan pengembangan instrumen dengan langkah penelitian terdiri atas analisis kebutuhan, perancangan draft produk, dan pengembangan produk. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar validasi dan instrumen Certainty Of Response Index (CRI). Wawancara dilakukan pada tahapan analisis kebutuhan dan wawancara kognitif siswa, lembar validasi dilakukan oleh enam orang ahli dan instrumen Certainty Of Response Index (CRI) digunakan dalam mengetahui kelayakan instrumen dilakukan pada uji coba skala kecil oleh 8 siswa di kelas 8H dan dilakukan pada uji penerapan oleh 55 siswa di kelas 8H dan 8I untuk mengukur miskonsepsi. Hasil pengembangan instrumennpada aspek: 1) Kelayakan memperoleh hasil sebesar 0.9 pada kelayakan validasi, 0.8558 pada kelayakan reliabilitas, ratarata 0.5 tingkat kesukaran soal dikatakan baik, pada interval 0.3-0.7 untuk daya pembeda kategori cukup-baik. 2) Tingkat miskonsepsi siswa SMP pada konsep indera pendengar dan sistem sonar pada makhluk hidup dalam kategori rendah dengan persentase 25,53%. Berdasarkan ranah kognitifnya pada ranah kognitif C1 (mengingat) terotoritas pada siswa paham konsep, ranah kognitif C2 (memahami) cenderung rata persentase pada paham konsep, miskonsepsi dan tidak tahu konsep, ranah kognitif C3 (menerapkan) kurang menguasai konsep dan C4 (menganalis) siswa tidak tahu konsep dengan persentase paling rendah pada paham konsep. Simpulan dari penelitian ini, didapatkan bahwa instrumen yang dikembangkan memenuhi kelayakan ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal dan siswa mengalami miskonsepsi pada konsep indera pendengar dan sistem sonar makhluk hidup sebesar 25,3%. Berdasarkan ranah kognitifnya siswa belum mencapai pada tahap berpikir formal dimana belum mampu untuk menganalisis permasalahan. Peneliti menyarankan kepada sekolah untuk melakukan latihan soal agar kemampuan berpikir siswa dapat terus berkembang. Saran kepada guru untuk melakukan remediasi dan melakukan tes diagnostik miskonsepsi pada konsep lainnya. Peneliti juga menyarankan kepada peneliti lain untuk menggunakan berbagai metode lainnya dalam melakukan penelitian lebih lanjut mengenai miskonsepsi dan melakukan penelitian mengenai remidiasi untuk mengatas miskonsepsi yang dialami siswa.
9-UN57.U1-SI-VIII-2022 | IPA SUL P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain