Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL IPA TEMA KESEHATAN PERNAPASAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN RIAS UNTUK MENINGKATKAN RETENSI SISWA DI SMP NEGERI 5 MAGELANG
ABSTRAK
Octafia, D. N. 2022. “Pengembangan Modul IPA Tema Kesehatan Pernapasan Berbasis Model Pembelajaran Rias untuk Meningkatkan Retensi Siswa di SMP Negeri 5 Magelang. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Modul IPA, Model Pembelajaran RIAS, Retensi Siswa
Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya kemampuan retensi siswa, ditandai dengan siswa kurang mampu untuk mengingat pembelajaran yang telah dipelajari. Hal ini ditemukan pada kondisi siswa di SMPN 5 Magelang yang memiliki tingkat retensi rendah. Hal tersebut dikarenakan oleh pembelajaran yang menjadikan guru sebagai sumber utama pembelajaran dan belum ada bahan ajar khususnya modul untuk melatih retensi siswa. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan bahan ajar modul RIAS yang valid, efektif dan praktis digunakan untuk meningkatkan retensi siswa dalam pembelajaran. Kevalidan diketahui dari penilaian ahli materi dan bahan ajar. Keefektifan diperoleh dari hasil tes setelah diterapkannya bahan ajar yang dikembangkan. Kepraktisan dari respon siswa setelah dilakukan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Desain uji coba yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan model Non-equivalent Control Group Design. Subjek penelitian sebanyak 58 siswa kelas VIII yang terdiri dari 29 siswa kelas eksperimen dan 29 siswa kelas kontrol. Hasil pengembangan modul pada aspek kevalidan bahan ajar dan materi dengan persentase 94% dan 92,7% dengan kategori sangat valid. Modul layak digunakan dalam pembelajaran. Efektivitas modul berdasarkan hasil uji t-tes memperoleh sig. 0,000 yang berarti terdapat perbedaan antara retensi kelas kontrol dan eksperimen. Tingkat retensi yang diuji dengan recognition method pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 87,7% sedangkan pada kelas kontrol 79,4%. Kepraktisan modul berdasarkan respon siswa memperoleh hasil persentase 92,3% yang termasuk dalam kategori sangan praktis. Dapat disimpulkan modul yang dikembangkan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu modul berbasis model pembelajaran RIAS tema Kesehatan Pernapasan telas memenuhi aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dalam meningkatkan retensi siswa. Saran dari penelitian ini diharapkan adanya pengembangan modul yang serupa dengan materi yang berbeda guna meningkatkana retensi siswa.
11-UN57.U1-SI-VIII-2022 | IPA OCT P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain