Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA TEMA RANGKAIAN LISTRIK RUMAHKU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN EKSPLANASI, INFERENSI, DAN EVALUASI
ABSTRAK
Kiswari, Lusinta. 2022. “Pengembangan LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Tema Rangkaian Listrik Rumahku untuk Meningkatkan Keterampilan Eksplanasi, Inferensi, dan Evaluasi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Kata Kunci: LKPD, Pendekatan STEM, Eksplanasi, Inferensi, Evaluasi
Keterampilan eksplanasi, inferensi, dan evaluasi merupakan bagian dari HOTs (High Order Thinking Skills) yang berguna di masa yang akan datang untuk menghadapi tantangan kehidupan. Berdasarkan wawancara yang dilakukan di SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang terdapat permasalahan bahwa belum adanya LKPD yang dapat menstimulus keterampilan eksplanasi, inferensi, dan evaluasi. Ketiga keterampilan tersebut dapat dilatihkan menggunakan bahan ajar yang terintegrasi dengan pendekatan selama pembelajaran. Salah satu pendekatan pembelajaran yang bersifat komprehensif dan integratif adalah pendekatan STEM. Pendekatan tersebut mampu meningkatkan keterampilan eksplanasi, inferensi, dan evaluasi siswa. Implementasi STEM dalam kegiatan belajar mengajar dapat menggunakan bahan ajar salah satunya adalah LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan LKPD berbasis STEM pada tema rangkaian listrik rumahku, mengetahui efektifitas untuk meningkatkan keterampilan eksplanasi, inferensi, dan evaluasi siswa, dan kepraktisan LKPD berbasis STEM yang diimplementasikan di SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development menggunakan model ADDIE. Validasi LKPD berbasis STEM dilakukan oleh dua validator ahli. Uji validitas instrumen tes dilakukan oleh dua orang ahli dan uji reliabilitasnya dilakukan oleh 20 siswa. LKPD berbasis STEM diimplementasikan dengan desain one group pretest-posttest menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa kelas X dan 26 siswa kelas IX. Uji kepraktisan LKPD berbasis STEM dilakukan oleh guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kevalidan produk dinyatakan valid serta dapat digunakan dengan persentase 80,9%. Uji efektivitas dilakukan dengan uji n-gain dan uji effect size. Masing-masing diperoleh hasil 0,68 dengan kategori sedang dan 2,7 dengan kategori tinggi. Uji kepraktisan yang dilakukan guru diperoleh hasil rata-rata 88% dan siswa sebesar 87% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKPD berbasis STEM layak digunakan, efektif dalam meningkatkan keterampilan eksplanasi, inferensi, dan evaluasi siswa, serta sangat praktis diimplementasikan dalam pembelajaran. Peneliti menyarankan kepada peneliti lain untuk mengoptimalkan pengembangan LKPD berbasis STEM ini pada materi yang lain dengan tampilan, desain, dan ilustrasi yang lebih menarik.
14-UN57.U1-SI-VIII-2022 | IPA KIS P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain