Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS STEM PADA MATERI TEKANAN ZAT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
ABSTRAK
Kiswari, Lusida. 2022. “Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM Pada Materi Tekanan Zat untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Siswanto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: E-LKPD, Tekanan Zat, Keterampilan Berpikir kritis
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang termuat dalam pembelajaran abad 21 yang diharapkan menjadi bekal siswa untuk menghadapi tantangan kehidupan di masa mendatang. Berdasarkan wawancara di SMP Negeri 8 Magelang terdapat permasalahan selama proses pembelajaran yaitu belum adanya LKPD yang menunjang keterampilan berpikir kritis siswa. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan melalui kegiatan ilmiah yang didalamnya sudah terintegrasi dengan pendekatan pembelajaran, salah satunya adalah STEM. Sehingga perlu dikembangkannya LKPD yang bersifat integratif dengan tampilan yang menarik dan diintegrasikan STEM. Pengembangan ELKPD didukung dengan kondisi dan fasilitas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, mengetahui kelayakan ELKPD berbasis STEM pada materi tekanan zat, keefektifan E-LKPD untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan kepraktisan implementasi E-LKPD di SMP Negeri 8 Magelang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Sugiyono. Kelayakan E-LKPD dilakukan oleh dua orang ahli. Uji coba pemakaian produk dilakukan menggunakan desain one group pretest-posttest menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa kelas IX, 15 siswa kelas VIII C, dan 28 siswa kelas VIII D. Kepraktisan E-LKPD dinilai oleh guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penilaian kelayakan E-LKPD oleh ahli memperoleh rata-rata persentase 72,5% dengan kategori valid dan layak digunakan. Efektifitas E-LKPD berbasis STEM dinilai menggunakan nilai pretest dan posttest dengan perolehan N-gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang dan besar efektiftasnya menggunakan effect size sebesar 3,4 dengan kategori tinggi. Kepraktisan dinilai dengan angket kepraktisan dengan perolehan kepraktisan guru sebesar 97,3% dan siswa sebesar 84,4% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah E-LKPD berbasis STEM pada materi tekanan zat layak digunakan, efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan sangat praktis untuk diimplementasikan. Peneliti menyarankan kepada sekolah supaya memberikan pelatihan-pelatihan mengenai pengembangan bahan ajar seperti E-LKPD karena sangat bermanfaat. Peneliti juga menyarankan kepada peneliti lain untuk mengkajii lebih dalam mengenai aplikasi lain yang bisa merepresentasikan LKPD dalam bentuk elektronik dan mengembangkannya.
13-UN57.U1-SI-VIII-2022 | IPA KIS P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain