Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SMP NEGERI 6 SATU ATAP PUNGGELAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA
ABSTRAK
Widyastuti, Ullya. (2022). “PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SMP NEGERI 6 SATU ATAP PUNGGELAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Siswanto, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan masukan untuk mengembangkan LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan wawancara di SMP 6 Satu Atap Punggelan belum adanya LKPD yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dikarenakan kurangnya LKPD dan tingkat pemahaman konsep siswa yang masih rendah. Selain itu menurut kurikulum 2013 bahwa adanya keterbatasan (pengetahuan guru, sumber daya yang belum memadai dan faktor psikologis siswa), penyampaian materi masalah pada materi belum sesuai dengan sintaksnya. Oleh karena itu diperlukan LKPD berbasis PBL yang mendukung kondisi siswa sehingga bisa tercapai tujuan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan analisis dosen validasi mendapat persentase sebesar 80,5%, analisis data untuk meningkatkan pemahaman siswa diantaranya, untuk uji homogenitas 0,2, untuk uji normalitas, untuk uji T 0,95, untuk N-Gain mendapat persentase sebesar 0,564, analisis tingkat kepraktisan sebesar 0,94% dan analisis tingkat keterbacaan sebesar 64,3%. Hasil ini menunjukan bahwa LKPD dapat dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Oleh karena itu, hasil analisis dan kesimpulan penulis mengajukan saran sebagai berikut: Pengembangan lebih lanjut terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis PBL pada materi struktur dan jaringan, yaitu pada percobaan materi struktur dan jaringan (1) Diharapkan penelitian selanjutnya melakukan uji coba dalam skala yang lebih luas terhadap produk yang telah dikembangkan (2).
Kata Kunci: LKPD, PBL, Pemahaman siswa.
15-UN57.U1-SI-VIII-2022 | IPA WID P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain