PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SMP NEGERI 6 SATU ATAP PUNGGELAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

ULLYA WIDYASTUTI - Nama Orang;

ABSTRAK
Widyastuti, Ullya. (2022). “PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SMP NEGERI 6 SATU ATAP PUNGGELAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Siswanto, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan masukan untuk mengembangkan LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan wawancara di SMP 6 Satu Atap Punggelan belum adanya LKPD yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dikarenakan kurangnya LKPD dan tingkat pemahaman konsep siswa yang masih rendah. Selain itu menurut kurikulum 2013 bahwa adanya keterbatasan (pengetahuan guru, sumber daya yang belum memadai dan faktor psikologis siswa), penyampaian materi masalah pada materi belum sesuai dengan sintaksnya. Oleh karena itu diperlukan LKPD berbasis PBL yang mendukung kondisi siswa sehingga bisa tercapai tujuan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan analisis dosen validasi mendapat persentase sebesar 80,5%, analisis data untuk meningkatkan pemahaman siswa diantaranya, untuk uji homogenitas 0,2, untuk uji normalitas, untuk uji T 0,95, untuk N-Gain mendapat persentase sebesar 0,564, analisis tingkat kepraktisan sebesar 0,94% dan analisis tingkat keterbacaan sebesar 64,3%. Hasil ini menunjukan bahwa LKPD dapat dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Oleh karena itu, hasil analisis dan kesimpulan penulis mengajukan saran sebagai berikut: Pengembangan lebih lanjut terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis PBL pada materi struktur dan jaringan, yaitu pada percobaan materi struktur dan jaringan (1) Diharapkan penelitian selanjutnya melakukan uji coba dalam skala yang lebih luas terhadap produk yang telah dikembangkan (2).
Kata Kunci: LKPD, PBL, Pemahaman siswa.


Ketersediaan
15-UN57.U1-SI-VIII-2022IPA WID P 2022Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA WID P 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XII;93HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik