Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) BERBASIS APPLET GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
ABSTRAK
Ardiyanto, B. 2022. Implementasi Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Berbasis Applet Geogebra terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran CORE, Applet Geogebra, Kemampuan Berpikir Kritis, Gaya Belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi penggunaan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) berbasis Applet Geogebra terhadap kemampuan siswa dalam berpikir kritis terkait dengan gaya belajar. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Magelang sebagai kelas kontrol dijadikan sampel pada penelitian ini. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri atas lembar observasi, pedoman wawancara, angket gaya belajar dan soal tes kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil temuan pengujian hipotesis yang dilakukan melalui uji ANAVA dua jalan sel tak sama dan uji lanjut LSD (Least Significant Difference) diketahui bahwa 1) siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui model pembelajaran CORE berbasis Applet Geogebra mempunyai kemampuan berpikir kritis yang lebih baik dibandingkan siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui model pembelajaran langsung; 2) terdapat perbedaan antara gaya belajar siswa dengan kemampuan berpikir kritis; dan 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis.
10-UN57.U1-SPM-VIII-2022 | MATEMATIKA ARD I 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain