Text
SKRIPSI DESAIN PERMEABLE PAVEMENT PADA PAVING BLOCK UNTUK JALUR PEJALAN KAKI DAN DAERAH PARKIR
INTISARI
Alih fungsi dari lahan terbuka menjadi pemukiman dan areal industri menjadikan ruang terbuka hijau (RTH) semakin kecil untuk resapan air. Air yang seharusnya mampu diresapkan kedalam tanah terhalang oleh bangunan dan perkerasan jalan, sehingga air melimpas ke permukaan dan mengakibatkan banjir. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti membuat perkerasan lolos air (permeable pavement) yang diterapkan pada paving block yang diharapkan mampu menambah daerah resapan untuk mengurangi limpasan air hujan serta menjaga ketersediaan air tanah. Metode dalam penelitian menggunakan metode eksperimen. Variasi benda uji yang digunakan menggunakan 2 variabel bebas berupa ukuran agregat dan jenis semen. Variasi benda uji berdasar ukuran agregat sebanyak 4 variasi dengan kode angka (1, 2, 3, 4) yang tiap variasi ukuran agregat menggunakan 3 variasi jenis semen dengan kode huruf (A, B, C), sehingga total variasi benda uji sebanyak 12 variasi benda uji. Hasil penelitian ini menunjukkan variasi sampel yang mendekati kualitas paving block yang digunakan untuk jalur pejalan kaki (mutu B) adalah variasi B2 dengan menggunakan 60% agregat lolos saringan 3/8” tertahan saringan no. 4 dan 40% agregat lolos saringan no. 4 tertahan saringan no. 8 dengan bahan pengikat berupa semen masonry, memiliki kuat tekan 11,23 Mpa, daya serap air 5,05%, dan laju infiltrasi 14.762,56 mm/jam.
Kata Kunci: paving blok, kuat tekan, laju infiltrasi.
56-UN57.U1-STS-VIII-2022 | SIPIL RAH D 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain