Text
SKRIPSI KARAKTERISTIK PERFORMA MESIN DIESEL DUAL FUEL BIODIESEL DENGAN SYNGAS LIMBAH TANGKAI DAUN TEMBAKAU
ABSTRAK
Pemasukan bahan bakar gasifikasi syngas dapat menggunakan sistem pemasukan model mixer. Model ini bekerja dengan mencampur udara, bahan bakar, dan gas menggunakan mixer sebelum memasuki saluran hisap (intake). Digunakan blower yang berfungsi meningkatkan tekanan udara masuk dimana berpengaruh terhadap mass flowrate syngas yang masuk ke dalam ruang bakar. Karakterisasi unjuk kerja sistem dualfuel ini dilakukan dengan mengoperasikan mesin diesel pada putaran konstan 2000 rpm dan pembebanan dari 1000 W hingga 2000 W dengan interval 500 W. Sistem pemasukan syngas menggunakan mixer venturi secara langsung dari reaktor syngas yang alirannya dianggap konstan untuk setiap pembebanan pada setiap variasi. Keberadaan syngas pada ruang bakar menyebabkan penurunan nilai AFR akibat syngas yang di masukan melalui intake udara mengurangi pasokan udara yang diperlukan mesin sehingga perlu ditambahkan blower untuk menaikan suplai udara agar AFR dual fuel mendekati AFR single fuel. Blower diatur kecepatannya dengan cara mengatur arus listrik menggunakan dimmer sehingga dihasilkan variasi mass flow rate yaitu: 0,0048 kg/s; 0,0055 kg/s; 0,0061 kg/s dan 0,0068 kg/s. Mass flow rate dapat diukur dengan membaca tekanan udara pada manometer digital yang terhubung dengan pitot tube pada saluran udara masuk. Hasil penelitian ini didapatkan,. Effisiensi thermal mengalami peningkatan tertinggi 120% dari kondisi single fuel. Diesel dual-fuel dengan penambahan mass flow rate (ṁ) udara dapat menaikan AFR rata-rata sebesar 47% dibandingkan pada single fuel.
Kata kunci : diesel dual-fuel, syngas, biodiesel, mass flow rate, AFR
49-UN57.U1-STM-VIII-2022 | MESIN DAR K 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain