Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII
ABSTRAK
Kamila, Alya. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Segi Empat dan Segitiga Kelas VII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, LKPD, Problem Based Learning, Segi Empat dan Segitiga
Pendidikan berupa proses pembelajaran terencana yang terus berkembang untuk meningkatkan kualitas dan taraf hidup manusia dapat mendorong mereka untuk berkembang secara optimal. Salah satu aspek penting dalam pendidikan yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan LKPD.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD lebih baik dari pada kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Selain itu, menganalisis peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD pada materi segi empat dan segitiga.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Bentuk eksperimen semu yang digunakan yaitu nonequivalent control group design, dengan membandingkan dua sampel dari kelas VII SMP Negeri 5 Magelang yang dipilih secara acak.
Hasil posttest perhitungan uji Mann Whitney diperoleh nilai zhitung=−3,141 < ztabel=1,960 mengakibatkan H0 ditolak yang artinya kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD lebih baik dari pada kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Kemudian, nilai rata-rata uji N-Gain yaitu 0,35 sehingga membuktikan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD pada materi segi empat dan segitiga kelas VII dengan kategori sedang.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD lebih baik dari pada kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung pada materi segi empat dan segitiga kelas VII, dan terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD pada materi segi empat dan segitiga kelas VII dengan kategori sedang.
11-UN57.U1-SPM-IX-2022 | MATEMATIKA KAM P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain