PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII

ALYA KAMILA - Nama Orang;

ABSTRAK
Kamila, Alya. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Segi Empat dan Segitiga Kelas VII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, LKPD, Problem Based Learning, Segi Empat dan Segitiga
Pendidikan berupa proses pembelajaran terencana yang terus berkembang untuk meningkatkan kualitas dan taraf hidup manusia dapat mendorong mereka untuk berkembang secara optimal. Salah satu aspek penting dalam pendidikan yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan LKPD.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD lebih baik dari pada kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Selain itu, menganalisis peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD pada materi segi empat dan segitiga.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Bentuk eksperimen semu yang digunakan yaitu nonequivalent control group design, dengan membandingkan dua sampel dari kelas VII SMP Negeri 5 Magelang yang dipilih secara acak.
Hasil posttest perhitungan uji Mann Whitney diperoleh nilai zhitung=−3,141 < ztabel=1,960 mengakibatkan H0 ditolak yang artinya kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD lebih baik dari pada kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Kemudian, nilai rata-rata uji N-Gain yaitu 0,35 sehingga membuktikan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD pada materi segi empat dan segitiga kelas VII dengan kategori sedang.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD lebih baik dari pada kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung pada materi segi empat dan segitiga kelas VII, dan terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD pada materi segi empat dan segitiga kelas VII dengan kategori sedang.


Ketersediaan
11-UN57.U1-SPM-IX-2022MATEMATIKA KAM P 2022Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA KAM P 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XIV;79HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik