Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP EKOSISTEM DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 MAGELANG
ABSTRAK
Safitri, Nur Fadillah Asmi. 2022. “ PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI MATERI EKOSISTEM KELAS X DI SMA NEGERI 3 MAGELANG”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Sekar Jati Pamungkas, M.Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis
Pemahaman konsep merupakan bagian yang paling penting dalam pembelajaran biologi. Namun tingkat pemahaman konsep di SMA Negeri 3 Magelang masih rendah. Berdasarkan hasil observasi pada saat pengenalan lingkungan persekolahan (PLP) beberapa siswa mengalami kesulitan belajar secara mandiri sehingga tingkat pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis pada pelajaran biologi materi ekosistem kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah adalah menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan quasi experimental (eksperimen semu) yaitu Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 yang ditentukan dengan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan soal pretest, posttest, dan lembar observasi. Teknik analisis dalta hasil pretest dan posttest menggunakan uji-t, sedangkan pada hasil lembar observasi menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran biologi materi ekosistem berdasarkan hasil rata-rata posttest yang diperkuat dengan hasil uji-t bahwa terdapat perbedaan signifikan pemahaman konsep siswa pada materi ekosistem antara kelas X MIPA 2 dan kelas X MIPA 3. Selain itu berdasarkan hasil rata-rata lembar observasi terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Simpulan pada penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem di SMA Negeri 3 Magelang. Saran pada penelitian ini model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat diterapkan pada pembelajaran materi ekosistem di seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Magelang dan dapat digunakan pada cakupan materi yang lebih luas.
29-UN57.U1-SPB-IX-2022 | BIOLOGI SAF P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain