Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA SMP BERBASIS RE-STEM (RELIGIUS, ETNOSAINS – SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KARAKTER PESERTA DIDIK
ABSTRAK
Arifah, Tutik. 2022. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA SMP Berbasis RE-STEM (Religius, Etnosains-Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Karakter Peserta Didik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : LKPD, RE-STEM, Literasi Sains, Karakter, Getaran Gelombang Bunyi
Berdasarkan hasil survei PISA sejak tahun 2000 hingga 2018, kedudukan literasi sains peserta didik Indonesia berada pada 10 besar terendah. Dalam kehidupan sehari-hari, telah terjadi kasus-kasus yang mencerminkan kemerosotan moral dan karakter peserta didik. Berdasarkan beberapa penelitian terdahulu yang pernah dilakukan membuktikan bahwa LKPD berbasis etnosains memuat nilai-nilai karakter dan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains dan karakter peserta didik. Penelitian lain membuktikan bahwa LKPD berbasis STEM dapat meningkatkan literasi sains dan nilai-nilai positif peserta didik. Hal tersebut yang melatarbelakangi peneliti melakukan penelitian dan pengembangan LKPD IPA berbasis RE-STEM untuk meningkatkan literasi sains dan karakter peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi tiga hal, yaitu : 1) Bagaimana Kelayakan LKPD IPA SMP Berbasis RE-STEM?, 2) Bagaimana respon peserta didik terhadap LKPD IPA SMP Berbasis RE-STEM?, 3) Bagaimana efektivitas LKPD IPA SMP Berbasis RE-STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Karakter Peserta Didik? Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sumber data yang digunakan yaitu hasil validasi ahli, hasil nilai literasi sains, hasil nilai karakter religius, dan hasil respon peserta didik. Subjek penelitian ini yaitu ahli yang terdiri dari dua dosen IPA Universitas Tidar dan tiga guru IPA SMP N 6 Temanggung, serta 15 peserta didik kelas IX F pada uji terbatas, 32 peserta didik kelas VIII F dan 32 peserta didik kelas VIII H. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, soal tes literasi sains, angket karakter religius, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tiga hal, yaitu pada uji kelayakan LKPD menggunakan validitas nilai V’Aikens, pada uji respon peserta didik menggunakan skala likert yang hasilnya dikategorikan berdasarkan tabel interpretasi skor, sedangkan pada uji efektivitas menggunakan kategori nilai N-Gain. Hasil pengembangan LKPD IPA SMP berbasis RE-STEM untuk meningkatkan literasi sains dan karakter peserta didik berdasarkan pada penilaian ahli yaitu sebesar 0,86 dengan kategori valid. Respon peserta didik terhadap LKPD termasuk kategori cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 137,9. Efektivitas LKPD pada kelas eksperimen dikategorikan sedang dengan nilai N-Gain kemampuan literasi sains sebesar 0,463 dan N-Gain karakter religius sebesar 0,429, sedangkan pada kelas kontrol dikategorikan rendah dengan nilai N-Gain kemampuan literasi sains sebesar 0,273 dan N-Gain karakter religius sebesar 0,220. Hal tersebut menunjukkan terjadi perbedaan peningkatan kemampuan literasi sains dan karakter peserta didik pada kelas kontrol dan eksperimen. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu LKPD IPA SMP berbasis RE-STEM untuk meningkatkan literasi sains dan karakter peserta didik efektif digunakan dalam pembelajaran. Peneliti menyarankan kepada guru agar mengembangakn LKPD berbasis RE-STEM karena efektif untuk meningkatkan literasi sains dan karakter peserta didik, kepada sekolah agar memberikan pelatihan pengembanagan LKPD bagi guru IPA, dan kepada peneliti lain agar mengkonstruksi aspek engineering pada STEM dalam LKPD supaya lebih dapat memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan indikator literasi sains mengevaluasi dan mendesain penyelidikan ilmiah serta mengintegrasikan nilai-nilai karakter religius yang lebih banyak dalam LKPD agar karakter religius peserta didik lebih meningkat.
16-UN57.U1-SI-IX-2022 | IPA ARI P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain