Text
SKRIPSI PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SECARA ASINKRON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain pre-test and post-test control group desain dalam proses pengambilan data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaram berbasis masalah secara asinkron dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem koordinasi. Penelitian ini berlokasi di SMA N 1 Muntilan, dengan menggunakan dua kelas uji, yaitu kelas XI Mipa 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Mipa 5 sebagai kelas kontrol. Pengujian pemahaman konsep dilakukan dengan mneggunakan 25 butir soal pilihan ganda, serta pengujian keterampilan berpikir kritis dilakukan dengan pernyebaran kuesioner dengan 20 butir pernyataan. Berdasarkan hasil penelitian, dengan diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah secara asinkron pada materoi sistem koordinasi terbukti mampu meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa. Peningkatan pemahaman konsep terbukti pada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 79% yang tergolong pada kategori tinggi. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dibuktikan dengan hasil analisis data penelitian dengan nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,013 dimana siswa telah memenuhi enam indikator keterampilan berpikir kritis yang diutarakan oleh Facione.
Kata Kunci: Teacher Center, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Pemahaman Konsep, Berpikir Kritis
30-UN57.U1-SPB-IX-2022 | BIOLOGI ANG P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain