PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SECARA ASINKRON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

ALINA NUR ANGGRAENI - Nama Orang;

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain pre-test and post-test control group desain dalam proses pengambilan data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaram berbasis masalah secara asinkron dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem koordinasi. Penelitian ini berlokasi di SMA N 1 Muntilan, dengan menggunakan dua kelas uji, yaitu kelas XI Mipa 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Mipa 5 sebagai kelas kontrol. Pengujian pemahaman konsep dilakukan dengan mneggunakan 25 butir soal pilihan ganda, serta pengujian keterampilan berpikir kritis dilakukan dengan pernyebaran kuesioner dengan 20 butir pernyataan. Berdasarkan hasil penelitian, dengan diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah secara asinkron pada materoi sistem koordinasi terbukti mampu meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa. Peningkatan pemahaman konsep terbukti pada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 79% yang tergolong pada kategori tinggi. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dibuktikan dengan hasil analisis data penelitian dengan nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,013 dimana siswa telah memenuhi enam indikator keterampilan berpikir kritis yang diutarakan oleh Facione.
Kata Kunci: Teacher Center, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Pemahaman Konsep, Berpikir Kritis


Ketersediaan
30-UN57.U1-SPB-IX-2022BIOLOGI ANG P 2022Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI ANG P 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XII;79HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik