Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN VIDEO BERBASIS APLIKASI TikTok PADA PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT MATERI SISTEM REPRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MAN TEMANGGUNG
ABSTRAK
Lailiya, Ulfa. 2022. “Pengembangan Video Berbasis Aplikasi TikTok Pada Pembelajaran Teams Game Tournament Materi Sistem Reproduksi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Siswa MAN Temanggung”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci : Video Berbasis Aplikasi TikTok, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk video pembelajaran berbasis aplikasi TikTok yang layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa kelas XI IPA MAN Temanggung, 2) mengetahui berapa peningkatan pemahaman konsep materi sistem reproduksi setelah menggunakan video pembelajaran berbasis aplikasi TikTok yang terintegrasi TGT, 3) mengetahui berapa peningkatan motivasi belajar materi sistem reproduksi setelah menggunakan video pembelajaran berbasis aplikasi TikTok yang terintegrasi TGT. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan model 4-D dan Quasi Experiment. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar validasi ahli media dan ahli materi, soal tes pemahaman konsep siswa dan angket motivasi belajar. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif dan uji beda. Uji beda untuk mengukur pemahaman konsep menggunakan uji-t (independent sample t test) dan N-Gain sedangkan untuk motivasi belajar menggunakan uji Mann Whitney U Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas video pembelajaran berbasis aplikasi TikTok sangat layak digunakan sebagaimana hasil validasi ahli media dan ahli materi. Presentase kelayakan ahli media sebesar 91,6% dan ahli materi sebesar 96,6%. Pengaruh video pembelajaran dinyatakan berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa kelas XI MAN Temanggung dengan nilai uji-t (independent sample t test) memperoleh signifikansi (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan nilai N-Gain pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 0,5861 lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 0,4921, sedangkan untuk motivasi belajar siswa diujikan menggunakan uji Mann Whitney U Test dengan nilai Asymp. Sig 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak dan terdapat pengaruh video pembelajaran berbasis aplikasi TikTok yang terintegrasi dengan TGT. Kesimpulan dari penelitian ini adalah video pembelajaran berbasis aplikasi TikTok layak digunakan dalam pembelajaran. Terdapat pengaruh video pembelajaran berbasis aplikasi TikTok terhadap peningkatan pemahaman konsep setelah penggunaan video pembelajaran yang diberikan kepada siswa kelas XI IPA 2. Terdapat pengaruh video pembelajaran berbasis aplikasi TikTok terhadap peningkatan motivasi belajar setelah penggunaan video pembelajaran yang diberikan kepada siswa kelas XI IPA 2.
33-UN57.U1-SPB-IX-2022 | BIOLOGI LAI P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain