PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI SEL

RIO PERDANA - Nama Orang;

ABSTRAK
Perdana, Rio. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Pada Materi Sel”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Materi Sel
Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi informasi saat ini tumbuh dengan pesat. Teknologi juga berkembang pada dunia pendidikan salah satunya pada proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, penggunaan media pembelajaran harus lebih kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi. Berdasarkan studi literatur yang telah dilakukan didapati bahwa mata pelajaran biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit untuk dipahami. Kurangnya visualisasi pada materi yang ada menyebabkan siswa kesulitan memahami materi yang disampaikan. Salah satu materi yang sulit dipahami siswa adalah materi struktur dan fungsi sel. Sehingga perlu dikembangkan media yang dapat memvisualisasikan sel secara 3D yaitu dengan media pembelajaran berbasis augmented reality. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mengetahui tingkat kelayakan/validitas media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi sel yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE, namun tahap implementation tidak dilaksanakan karena pada penelitian ini hanya sampai dengan pengembangan media pembelajaran dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berdasarkan pendapat ahli materi dan ahli media. Tahapan yang dilakukan dalam penelitain ini yaitu: 1) analisis (analysis) yaitu menganalisis permasalahan terkait dengan kebutuhan media pembelajaran, analisis kurikulum dan analisis materi untuk menentukan kendala serta media yang tepat untuk dikembangkan. 2) desain (design) yaitu tahapan perencanaan media pembelajaran berdasarkan tahap analisis kebutuhan yang telah dilakukan pada tahap sebelumnya yang bertujuan untuk merancang suatu media pembelajaran berbasis augmented reality. Pada penelitian ini tahap design terdiri dari menentukan kerangka penyusunan media pembelajaran augmented reality dan menentukan user interface media pembelajaran berbasis augmented reality. 3) pengembangan (development) merupakan tahapan dimana dilakukannya pengembangan terhadap media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi sel dan dilakukannya validasi terhadap materi dan media yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. 4) evaluasi (evaluation) bertujuan untuk mengevaluasi produk yang telah dikembangkan. Proses evaluasi dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menganalisis hasil pada setiap saat setelah tahapan sebelumnya selesai kemudian dilanjutkan pada tahapan berikutnya. Evaluasi ini merupakan evaluasi formatif yang bertujuan untuk kebutuhan revisi pada setiap tahapan. Hasil dari penelitian ini adalah valid berdasarkan penilaian kevalidan oleh ahli materi dengan skor sebesar 4,23 dari skor maksimal 5 sehingga dapat dikategorikan “sangat layak”. Selanjutnya valid berdasarkan penilaian kevalidan oleh ahli media dengan skor sebesar 4,06 dari skor maksimal 5 dapat dikategorikan “layak”.


Ketersediaan
32-UN57.U1-SPB-IX-2022BIOLOGI PER P 2022Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI PER P 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XVI;49HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik