Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI SEL
ABSTRAK
Perdana, Rio. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Pada Materi Sel”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Materi Sel
Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi informasi saat ini tumbuh dengan pesat. Teknologi juga berkembang pada dunia pendidikan salah satunya pada proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, penggunaan media pembelajaran harus lebih kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi. Berdasarkan studi literatur yang telah dilakukan didapati bahwa mata pelajaran biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit untuk dipahami. Kurangnya visualisasi pada materi yang ada menyebabkan siswa kesulitan memahami materi yang disampaikan. Salah satu materi yang sulit dipahami siswa adalah materi struktur dan fungsi sel. Sehingga perlu dikembangkan media yang dapat memvisualisasikan sel secara 3D yaitu dengan media pembelajaran berbasis augmented reality. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mengetahui tingkat kelayakan/validitas media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi sel yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE, namun tahap implementation tidak dilaksanakan karena pada penelitian ini hanya sampai dengan pengembangan media pembelajaran dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berdasarkan pendapat ahli materi dan ahli media. Tahapan yang dilakukan dalam penelitain ini yaitu: 1) analisis (analysis) yaitu menganalisis permasalahan terkait dengan kebutuhan media pembelajaran, analisis kurikulum dan analisis materi untuk menentukan kendala serta media yang tepat untuk dikembangkan. 2) desain (design) yaitu tahapan perencanaan media pembelajaran berdasarkan tahap analisis kebutuhan yang telah dilakukan pada tahap sebelumnya yang bertujuan untuk merancang suatu media pembelajaran berbasis augmented reality. Pada penelitian ini tahap design terdiri dari menentukan kerangka penyusunan media pembelajaran augmented reality dan menentukan user interface media pembelajaran berbasis augmented reality. 3) pengembangan (development) merupakan tahapan dimana dilakukannya pengembangan terhadap media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi sel dan dilakukannya validasi terhadap materi dan media yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. 4) evaluasi (evaluation) bertujuan untuk mengevaluasi produk yang telah dikembangkan. Proses evaluasi dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menganalisis hasil pada setiap saat setelah tahapan sebelumnya selesai kemudian dilanjutkan pada tahapan berikutnya. Evaluasi ini merupakan evaluasi formatif yang bertujuan untuk kebutuhan revisi pada setiap tahapan. Hasil dari penelitian ini adalah valid berdasarkan penilaian kevalidan oleh ahli materi dengan skor sebesar 4,23 dari skor maksimal 5 sehingga dapat dikategorikan “sangat layak”. Selanjutnya valid berdasarkan penilaian kevalidan oleh ahli media dengan skor sebesar 4,06 dari skor maksimal 5 dapat dikategorikan “layak”.
32-UN57.U1-SPB-IX-2022 | BIOLOGI PER P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain