Text
SKRIPSI WACANA MASKULINITAS DALAM IKLAN (ANALISIS WACANA KRITIS DALAM IKLAN MS GLOW FOR MEN “SEMUA JUGA BISA”)
ABSTRAK
(Alif Ismail Adha, 2022) WACANA MASKULINITAS DALAM IKLAN (ANALISIS WACANA KRITIS DALAM IKLAN MS GLOW FOR MEN “SEMUA JUGA BISA”)
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Adanya budaya patriarki menciptakan sebuah konstruksi sosial yang muncul dengan istilah maskulinitas yang membatasi hal yang seharusnya dilakukan oleh laki-laki. Selain itu, banyak media melalui iklan ikut melestarikan konstruksi gender mengenai maskulinitas menjadi sesuatu konsep yang sering tidak kita sadari, namun secara tidak langsung mahir dalam membentuk image ideal untuk laki-laki sesuai dengan keinginan pasar. Kondisi tersebut menyebabkan adanya tuntutan untuk laki-laki memenuhi standar maskulinitas yang telah ditampilkan dan menjadi sebuah kesepakatan bersama di masyarakat. Melihat hal tersebut, MS GLOW FOR MEN mencoba memberikan pandangan baru dan mengangkat permasalahan mengenai standar maskulinitas lewat brand ambassador yang ditampilkan melalui iklannya yang berjudul “Semua Juga Bisa”. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan wacana maskulinitas dalam iklan MS GLOW FOR MEN “Semua Juga Bisa”, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis wacana kritis Norman Fairclough dan semiotika Roland Barthes. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran maskulinitas yang ditampilkan dengan sosok laki-laki yang sadar akan penampilan dengan adanya pergeseran pandangan atribut dan penampilan laki-laki maskulin ke arah feminim serta adanya keberagaman bentuk tubuh laki-laki maskulin. Penggunaan konsep maskulinitas dan disciplinary power Michel Foucault, menunjukkan beberapa wacana maskulinitas yang terbentuk dari iklan MS GLOW FOR MEN “Semua Juga Bisa” diantaranya, wacana maskulinitas laki-laki metroseksual, wacana keberagaman bentuk tubuh laki-laki, wacana pendisiplinan tubuh laki-laki yang baru.
Kata Kunci: Analisis Wacana Kritis, Maskulinitas, Iklan MS GLOW FOR MEN “Semua Juga Bisa”.
15-UN57.U1-SIK-IX-2022 | KOMUNIKASI ADH W 2022 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain