Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIROMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN SIKAP CINTA LINGKUNGAN SISWA DI SMP N 10 MAGELANG
ABSTRAK
Rahayuningsih, Eva. 2022 “Pengembangan Modul IPA Berbasis SETS untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Karakter Cinta Lingkungan Siswa. Skripsi.iProgramiStudi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc.
Kata kunci : Modul, SETS, Literasi Sains, Sikap Cinta Lingkungan
Literasi sains berkaitan erat dengan sikap cinta lingkungan siswa. Kemampuan literasi sains siswa yang semakin tinggi akan mempengaruhi sikap cinta lingkungan siswa yang semakin tinggi. Prestasi literasi sains di Indonesia masih dalam kategori rendah. Hal tersebut dibukttikan dengan hasil PISA tahun 2012. Indonesia memnduduki peringkat ke 63 dari 64 negara. Hasil PISA yang rendah juga diiringi dengan sikap cinta lingkungan siswa yang rendah. Hasil wawancara yang dilakukan dengan guru di SMP N 10 Magelang mendapatkan hasil bahwa literasi sains dan sikap cinta lingkungan siswa masih rendah. Permasalahan dari hasil wawancara yang diperoleh, maka dibutuhkan modul pembelajaran yang dapat melatih literasi sains dan sikap cinta lingkungan siswa. Salah satunya adalah modul berbasis SETS yang menggabungkan sains, environment, technology dan social. Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan modul IPA dengan basis SETS untuk meningkatkan suatu kemampuan literasi sains serta sikap cinta siswa terhadap lingkungan. Pengembangan modul IPA ini ditinjau dari kevalidan modul, efektifitas modul berbasis SETS untuk meningkatkan literasi sains dan sikap cinta lingkungan siswa serta respon tanggapan siswa mengenai modul IPA berbasi SETS yang digunakan untuk pembelajaran IPA pada materi Sistem Ekskresi. Pengembangan modul IPA yang dilakukan menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE. Pengembangan dengan model ADDIE terdapat lima tahapan yaitu analysis, design, develop, implementation dan evaluation. Penelitian ini menggunakan desain uji coba one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini sebanyak 28 siswa kelas VIII Semester II. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa modul IPA berbasis SETS dikategorikan valid dan layak diujicobakan. Berdasarkan hasil validasi ahli moul IPA berbasis SETS memperoleh nilai rata-rata V aiken 0,8125 dengan kategori valid. Modul IPA berbasis SETS yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan literasi sains dan sikap cinta lingkungan siswa. Nilai gain yang diperoleh dari tes literasi sains ialah 0,43 dengan kriteria sedang. Nilai gain yang diperoleh dari tes sikap cinta lingkungan ialah 0,58. Tanggapan siswa mengenai modul IPA berbasis SETS memperoleh repon yang baik. Skor respon siswa mengenai modul IPA berbasi SETS memperoleh 90% yang masuk pada kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini ialah modul IPA berbasi SETS yang dikembangkan valid untuk digunakan. Modul IPA berbasis SETS efektif untuk meningkatkan literasi sains dan sikap cinta lingkungan siswa. Saran dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan modul untuk meningkatkan literasi sains dan sikap cinta lingkungan siswa.
19-UN57.U1-SI-IX-2022 | IPA RAH P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain