Text
SKRIPSI PENERAPAN LKPD BERBASIS MEA (MEANS ENDS ANALYSIS) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
ABSTRAK
Fauziyyah, Siti Afifah. 2022. “Penerapan LKPD Berbasis MEA (Means Ends Analysis) dengan Menggunakan Pendekatan Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahun Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : (Model Pembelajaran MEA (Means Ends Analysis), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kognitif)
Elemen pembelajaran yang berkontribusi aktif agar tujuan pembelajaran tercapai ialah media pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran membantu guru dalam memberikan materi terkait pembelajaran pada siswa yang nantinya akan berdampak pada prestasi siswa. Hasil belajar siswa meningkat berkat motivasi dari diri siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru IPA di SMP Negeri 10 Magelang, ditemukan beberapa masalah yaitu kurangnya kesadaran siswa terhadap tugas dan kewajiban serta hasil belajar kognitif siswa yang rendah dilihat dari nilai PTS. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media dan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa yaitu LKPD berbasis Means Ends Analysis (MEA) dengan menggunakan pendekatan blended learning. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan peningkatan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Perbedaan peningkatan motivasi dan hasil belajar kognitif antara siswa yang proses pembelajarannya menerapkan LKPD berbasis Means Ends Analysis (MEA) dengan menggunakan pendekatan blended learning dibandingkan dengan siswa yang menerapkan LKPD konvensional di SMP Negeri 10 Magelang. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah 2 dari kelas dari 8 kelas dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar kognitif dan instrumen non tes angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa signifikansi perbedaan motivasi sebesar 0,002 dan hasil belajar kognitif sebesar 0,000, yang mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan perbedaan peningkatan motivasi dan hasil belajar kognitif antara siswa yang proses pembelajarannya menerapkan LKPD berbasis MEA (Means Ends Analysis) dengan menggunakan pendekatan blended learning dibandingkan dengan siswa yang menerapkan LKPD konvensional. Peningkatan motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 0,41 dengan kategori peningkatan sedang dan peningkatan hasil belajar kognitif kelas eksperimen sebesar 0,55 dengan kategori peningkatan sedang. Peningkatan motivasi kelas kontrol sebesar 0,30 dengan kategori peningkatan sedang dan peningkatan hasil belajar kognitif kelas kontrol sebesar 0,30 dengan kategori peningkatan sedang. Peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa yang proses pembelajarannya menerapkan LKPD berbasis MEA (Means Ends Analysis) dengan menggunakan pendekatan blended learning. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah guru dapat menerapkan LKPD berbasis MEA (Means Ends Analysis) dengan menggunakan pendekatan blended learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Perlu dilakukan penelitian lanjutan yang mengukur motivasi belajar internal dan eksternal siswa, sehingga dapat diketahui yang mempengaruhi belajar siswa dari dalam diri siswa maupun lingkungan siswa.
18-UN57.U1-SI-IX-2022 | IPA FAU P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain