Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN GAME EDUKASI WORDWALL PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP
ABSTRAK
Fajriyanti, Anisa Nur. 2022. “Efektivitas Medel Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Berbantuan Game Edukasi Wordwall pada Materi Pemanasan Global Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, M.Pd., Pembimbing II Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
Pembelajaran IPA merupakan salah satu wahana untuk mengembangkan peserta didik agar berpikir rasioanal dan ilmiah. Kemampuan peserta didik dalam menguasai pembelajaran IPA dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik. Salah satu faktor yang berpengaruh pada hasil belajar peserta didik adalah aktivitas belajar. Tetapi, aktivitas belajar peserta didik disekolah masih kurang dan peserta didik tidak mengerjakan dengan tepat waktu atau kesulitan dalam mengerjakan tugas sehingga hasil belajar peserta didik kurang optimal. Kemudian media pembelajaran yang digunakan dala pembelajaran IPA masih terbatas. Penelitian ini difokuskan pada efektivitas model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) berbantuan game edukasi wordwall ditinjau dari keaktifan belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik SMP dalam pembelajaran IPA dengan materi pemanasan global. Model pembelajaran TGT merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran TGT akan menjadi lebih efektif apabila diterapkan dengan bantuan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan adalah dengan bantuan game edukasi wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran TGT berbantuan game edukasi wordwall dalam materi mengenai pemanasan global terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Magelang, sebagai sampel yakni kelas VII F sebagai kelas kontrol dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes dalam bentuk uraian sebanyak 7 soal yang telah melaui uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu uji-t, uji N-Gain dan presentase aktivitas belajar peserta didik. Hasil analisis data yang diperoleh dari presentase aktivitas belajar peserta didik dengan hasil kelas eksperimen sebesar 88% yang termasuk pada kriteria sangat aktif, sementara untuk kelas kontrol sebesar 82% yang termasuk pada kriteria aktif yang berarti adanya pengaruh. Hasil yang didapatkan pada uji t sebesar 0,003 < 0,05, yang berarti adanya adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Pada hasil uji N-gain hasil kelas eksperimen sebesar 0,519 yag termasuk pada kriteria tinggi, sementara untuk kelas kontrol 0,424 yang termasuk pada kriteria sedang, yang 0,519 dengan kriteria tinggi, sedangkan untuk kelas kontrol 0,424 dengan kriteria sedang, yang artinya ada peningkatan. Kemudian pembagian hasil uji N-Gain antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menghasilkan nilai sebesar 1,22, karena nilai > 1 maka dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran kelas eksperimen lebih efektif daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT berbantuan game edukasi wordwall pada materi pemanasan global efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penggunaan model pembelajaran TGT berbantuan game edukasi wordwall diharapkan dapat digunakan pada dapat diterapkan pada materi yang berbeda, mengukur kemampuan peserta didik yang berbeda, dan pada jenjang kelas yang berbeda dan dalam penerapannya guru diharapkan untuk dapat mengelola kelas dengan baik saat diskusi berlangsung agar peserta didik menjadi fokus saat pembelajaran dan penelitian yang sejenis ini diharapkan dapat diterapkan pada sekolah-sekolah lain dengan cluster yang berbeda.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Teams Game Tournament (TGT), Wordwall
17-UN57.U1-SI-IX-2022 | IPA FAJ E 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain