Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI ECO PRINTING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 GRABAG
ABSTRAK
Rahmawati, Septi. 2022. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PjBL) Melalui Eco Printing pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kreativitas Peserta Didik SMA Negeri 1 Grabag”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Sekar Jati Pamungkas, M.Pd.
Kata Kunci : LKPD, PjBL, Eco Printing, Pemahaman Konsep, Kreativitas
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman konsep pada materi perubahan lingkungan dan kreativitas peserta didik masih belum terbentuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan, kepraktisan serta keefektifan media LKPD berbasis PjBL dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Media LKPD berbasis PjBL melalui eco printing pada materi perubahan lingkungan dikembangkan menggunakan Microsoft Word 10 berbantuan Canva. Analisis kelayakan dilakukan menggunakan skala likert. Produk LKPD diimplementasikan kepada sampel peserta didik kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Grabag menggunakan teknik samping purposive. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar validasi, soal tes, angket kreativitas dan angket respon. Hasil penilaian kelayakan oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan kriteria sangat layak dengan presentase 79,68% dari ahli media dan 93,33% dari ahli materi. Penggunaan media LKPD mendapatkan respon positif dari guru biologi dan peserta didik yang berdasar pada presentase angket respon sebesar 91,07% dari guru biologi dan 84,84% dari peserta didik. Peningkatan pemahaman konsep peserta didik dilihat dari perbedaan hasil pretest dan postest dihitung menggunakan uji t dan NGain. Berdasarkan perhitungan N-Gain, skor Gain rata-rata peserta didik ialah 0,64 dan termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Peningkatan kreativitas peserta didik dilihat dari hasil angket sebelum dan sesudah pembelajaran dihitung menggunakan uji t dan N-Gain. Berdasarkan uji t, terdapat pengaruh penggunaan media LKPD terhadap peningkatan kreativitas peserta didik yang signifikan. Sedangkan berdasarkan perhitungan n-gain, skor gain rata-rata peserta didik adalah 0,60 dan termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Perolehan hasil proyek eco printing didapatkan dari nilai kelompok melalui indikator fluency, flexibility, originality, dan elaboration tercapai dengan baik, hal tersebut dibuktikan dengan perolehan presentase rata-rata 86,61 dengan kategori kreatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) melalui eco printing dinilai layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran biologi SMA kelas X MIPA.
34-UN57.U1-SPB-IX-2022 | BIOLOGI RAH P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain