Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS LABORATORIUM ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA
ABSTRAK
Nurul Yasin, Muchammad. 2022. “Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Laboratorium Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa”. Skripsi. Program Studi pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih,M. Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, M. Pd.
Kata Kunci : Modul, Praktikum, Laboratorium alam, Kemampuan Komunikasi, Struktur Fungsi Jaringan Tumbuhan
Dalam dunia kerja, pekerja yang baik adalah pekerja yang tidak hanya memiliki kecakapan hard skill saja, tetapi juga piawai dalam aspek soft skill. Sejalan dengan itu bidang pendidikan mengatakan bahwa berdasar penelitian di Harvard University Amerika Serikat menerangkan bahwa kesuksesan seorang manusia tidak hanya dipengaruhi oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill) saja, namun lebih dipengaruhi oleh keterampilan mengorganisasikan diri dan orang lain (soft skill) salah satunya kemampuan komunikasi. Faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan komunikasi adalah pendidikan yang berpusat pada guru, sehingga siswa tidak mendapat waktu untuk mengembangkan ide dan mengungkapkan pendapatnya. Salah satu upaya untuk melatihkan keterampilan komunikasi yaitu melakukan pembelajaran berbasis laboratorium alam. Hal itu sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Nuraini Rizki & Nanda Sari (2021) membuktikan bahwa pembelajaran berbasis alam dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan kepercayaan diri siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga, yaitu : 1) Bagaimana kelayakan modul praktikum berbasis laboratorium alam untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa?, 2) Bagaimana respon siswa terhadap modul praktikum berbasis laboratorium alam untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa?, 3) Bagaimana efektivitas penggunaan modul praktikum berbasis laboratorium alam untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa? Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Sumber data dalam riset ini adalah hasil dari validasi ahli materi, ahli media, hasil pretest & postest, serta hasil angket siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli yang terdiri dari satu dosen IPA Universitas Tidar dan 4 guru IPA SMP N 8 Magelang, serta 15 siswa kelas VIII E SMP N 8 Magelang. Teknik pengumpulan data dalam riset ini adalah memakai lembar validasi, lembar angket, lembar soal dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan terbagi menjadi tiga hal, yaitu pada uji kelayakan modul menggunakan validitas nilai V-Aikens, pada uji respon siswa menggunakan skala likert yang hasilnya dikategorikan berdasar tabel interpretasi skor dan pada uji efektivitas menggunakan kategori nilai N-Gain. Hasil pengembangan modul praktikum berbasis laboratorium alam untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa berdasar pada penilaian ahli yaitu sebesar 0,86 dengan kategori valid. Respon siswa terhadap modul praktikum termasuk kategori sangat positif dengan persentase sebesar 89,7%. Efektivitas modul praktikum digolongkan sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,46. Kesimpulan dari riset ini yaitu modul praktikum berbasis laboratorium alam untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa layak digunakan dalam pembelajaran. Peneliti menyarankan kepada guru agar melakukan peningkatan terhadap bahan ajar seperti modul praktikum berbasis laboratorium alam karena pembelajaran yang dientegrasikan dengan lingkungan sekitar dapat membantu untuk memumbuhkan kemampuan komunikasi siswa, kepada sekolah agar memberikan pelatihan-pelatihan mengenai pengembangan bahan ajar bagi guru IPA, dan kepada peneliti lain agar mengkontruksi aspek Menjelaskan hasil percobaan atau penelitian supaya lebih bisa memfasilitasi siswa untuk meningkatkan indikator komunikasi tersebut agar terdapat peningkatan yang lebih tinggi.
20-UN57.U1-SI-IX-2022 | IPA YAS P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain