PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU TEMA USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA BERBASIS PEMBELAJARAN RIAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

PELANGI GUNAWATI RAMADHAN - Nama Orang;

ABSTRAK
Ramadhan, Pelangi Gunawati. 2022. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tema “ Usaha dan Pesawat Sederhana” Berbasis Pembelajaran RIAS Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Pemecahan Masalah, RIAS
Pendidikan Indonesia menggunakan kurikulum 2013 sebagai landasan pembelajaran. Pada abad 21 keterampilan penting ditekankan salah satunya yaitu keterampilan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 1 Balaraja diperoleh data tentang rendahnya keterampilan pemecahan masalah yang disebabkan kurang bervariasi sumber ajar yang digunakan dan pembelajaran berpusat pada guru. Adapun tujuan penelitian pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis RIAS yaitu; untuk mengetahui kelayakan yang dinilai oleh validator ahli materi dan bahan ajar, efektifitas bahan ajar dan respon peserta didik dan guru terhadap bahan ajar IPA terpadu berbasis RIAS. Penelitian R&D mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Hasil kelayakan oleh ahli bahan ajar sebesar 3.95 dan ahli materi sebesar 3.91 dengan kriteria valid dan layak. Efektifitas bahan ajar dilihat perbedaan hasil pretest-postest menggunakan uji Paired Sampel T Test dan N-Gain. Nilai signifikansi uji Paired Sampel T Test sebesar 0.000 sehingga terdapat perbedaan yang nyata antara hasil pretest dan postest dan HO ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil N-Gain score diperoleh skor rata-rata 0.712 termasuk dalam kategori peningkatan tinggi terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis RIAS memberikan respon baik dari pihak guru dan peserta didik SMP Negeri 1 Balaraja.


Ketersediaan
22-UN57.U1-SI-IX-2022IPA RAM P 2022Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA RAM P 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XIV;68HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik