Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT BERBANTUAN MINDMAP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA
ABSTRAK
Khasanah, Hariyani Nur. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Script Berbantuan Mindmap Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tidar. Rina Rahayu, S.Pd, M.Pd., Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Kemampuan komunikasi adalah kemampuan yang termasuk dalam keterampilan abad 21. Kemampuan komunikasi penting dimiliki siswa sebagai alat bertukar ide dan gagasan didalam kelas dan lingkungan. Hasil wawancara yang dilakukan kepada guru mata pelajaran IPA kelas VII MTs Negeri 1 Magelang menyatakan bahwa sejak adanya pandemi, pembelajaran dilakukan melalui WhatsApp grup dan Google Classroom sehingga kemampuan komunikasi belum dilatihkan secara maksimal. Kooperatif script adalah model pembelajaran yang memungkinkan terjadinya interaksi antar siswa diharapkan kemampuan komunikasisiswa akan meningkat seiring meningkatnya interaksi yang terjadi. Penggunaan model pembelajaran kooperatif script akan maksimal dalam pelaksanaannya jika dibantu oleh media yang tepat salah satunya adalah media mindmap. Tujuan dilakukan penelitian ialah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif script berbantuan mindmap terhadap kemampuan komunikasi siswa MTs Negeri 1 Magelang. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif desain true eksperimen tipe pretest-postest control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas VII MTs Negeri 1 Magelang, dengan teknik penentuan sampel menggunakan purposive random sampling. Sampel terpilih dua kelas yaitu kelas kontrol (VII B) dan kelas eksperimen (VII C). Instrumen untuk pengumpulan data dengan tes berbentuk essay yang telah lulus uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji-T, uji N-Gain, dan uji effect size. Hasil uji-T tidak berpasangan menggunakan nilai pretest memberikan hasil bahwa tidak ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara kedua kelas. Hasil uji-T berpasangan menggunakan nilai postest menyatakan adanya perbedaan ratarata yang signifikan dari kedua kelas. Hasil uji effect size adalah 1,217055957 dangan kriteria besar. Hasil uji N-gain pada kelas eksperimen 0,5004 termasuk kategori sedang dan kelas kontrol 0,2700 termasuk kategori rendah. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif-script berbantuan mindmap terhadap kemampuan komunikasi siswa MTs Negeri 1 Magelang.
Kata Kunci: kooperatif script, mindmap, kemampuan komunikasi
21-UN57.U1-SI-IX-2022 | IPA KHA P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain