Text
SKRIPSI ANALISIS JARAK PENGEREMAN LAJU KERETA API UNTUK MENCAPAI KECEPATAN MINIMUM PADA SAAT EMERGENCY ON TRACK
INTISARI
Setiap media transportasi tidak lepas dari kemungkinan adanya permasalahan dalam lalu lintas perjalanannya, termasuk lalu lintas kereta api baik itu permasalahan yang terjadi di lapangan maupun di track kereta api tersebut. Tentunya hal tersebut bersifat emergency bagi lalu lintas kereta api. Pada dasarnya kereta api tidak bisa melakukan pengereman secara mendadak karena kereta api membutuhkan jarak yang relatif jauh untuk dapat melakukan pengereman secara efektif sehingga terlambatnya kereta api dalam melakukan pengereman saat kondisi emergency tersebut dapat berpotensi kecelakaan. Penelitian ini membahas tentang jarak pengereman dengan beberapa macam tipe lokomotif dengan rangkaian kereta penumpang maupun gerbong barang sampai berhenti yang dihitung dengan persamaan Minden, serta menghitung jarak perlambatan untuk melintas dengan kecepatan aman yaitu antara 5 km/jam sampai dengan 30 km/jam. Hasil dari perhitungan tersebut ditampilkan dalam grafik. Hasil yang diperoleh dari perhitungan dengan persamaan Minden ini yaitu semakin tinggi kecepatan melintas kereta api, maka semakin jauh pula jarak pengereman yang dibutuhkan. Penambahan jumlah rangkaian pada kereta penumpang menunjukkan adanya kenaikan dan penurunan dari jarak pengereman yang diperoleh. Namun, perhitungan pada gerbong barang hasilnya cenderung menurun, berbanding lurus dengan penambahan jumlah rangkaian. Adanya perbedaan hasil tersebut disebabkan oleh adanya koefisien faktor kecepatan dan rem (Ѱ) serta faktor koreksi jumlah gandar total dari rangkaian (C1).
Kata kunci : persamaan Minden, emergency on track, pengereman, kereta api
71-UN57.U1-STS-X-2022 | SIPIL PRA A 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain