Text
SKRIPSI STUDI EKSPERIMENTAL INTAKE PORT DENGAN DIMPLE PORTING TERHADAP DAYA, TORSI, DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR MOTOR BAKAR 4 LANGKAH
ABSTRAK
Proses pencampuran udara dan bahan bakar masih belum terlalu sempurna karena sering ditemui sisa bahan bakar yang menempel pada saluran menuju ke ruang bakar, sehingga proses pembakaran juga tidak maksimal. Berbagai cara telah dilakukan salah satunya mengubah diameter dan dinding permukaan dari intake port dengan cara dimple porting. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, metode ini dilakukan dengan cara menguji secara langsung pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimple porting terhadap daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar spesifik yang dihasilkan sepeda motor 100 cc dengan variasi intake port standar dan intake port dimple porting. Objek penelitian ini sepeda motor Honda Supra Fit X dengan memakai putaran mesin 3000, 4000, dan 5000 rpm. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil daya terbesar pada intake port dimple porting sebesar 4,1 hp pada putaran mesin 5000 rpm, sedangkan torsi terbesar yang dihasilkan sebesar 6,12 Nm pada putaran mesin 5000 rpm dengan penggunaan intake port dimple porting. Konsumsi bahan bakar spesifik minimal yang dihasilkan sebesar 0,315 kg/kW.jam dengan penggunaan intake port standar.
Kata kunci: intake port, dimple porting, daya, torsi, konsumsi bahan bakar spesifik
56-UN57.U1-STM-X-2022 | MESIN AND S 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain