Text
SKRIPSI STUDI EKSPERIMENTAL PANJANG KAMPAS GANDA DENGAN VARIASI KONSTANTA PEGAS SENTRIFUGAL SECONDARY PULLEY TERHADAP KINERJA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH
INTISARI
Kendaraan yang menggunakan CVT banyak mendominasi di Indonesia karena efisiensi kemudahan penggunaan. Pengguna tidak perlu memindahkan perubahan gigi seperti sepeda motor transmisi manual, namun kendaraan yang menggunakan CVT mudah mengalami penurunan performa. Banyak cara meningkatkan performa sepeda motor matic, salah satunya mengubah panjang kampas ganda dan konstanta pegas sentrifugal yang sesuai. Penelitian menggunakan metode eksperimen. Metode dilakukan menguji secara langsung pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Tujuan penelitian adalah mengetahui besar pengaruh perubahan panjang kampas ganda dan konstanta pegas sentrifugal terhadap torsi, daya, gaya driven pulley, koefisien gesek, dan konsumsi bahan bakar spesifik yang dihasilkan sepeda motor 4 langkah dengan variasi panjang kampas ganda 38,92mm dan 55mm sedangkan untuk konstanta pegas yaitu 4N/m, 3,8N/m, 4,6N/m dan 4,7N/m. Objek penelitian adalah motor Vario CW karbu 110Cc pada putaran mesin 3000-7000 rpm. Dari hasil penelitian didapatkan torsi terbesar pada kampas ganda 55mm dan pegas 4,7 N/m sebesar 16,62 N.m pada putaran mesin 3500 rpm, sedangkan daya terbesar dihasilkan sebesar 8,6 hp pada putaran mesin 7000 rpm dengan penggunaan Kampas ganda 55mm dan pegas 4,6 N/m. Gaya driven pulley maksimal pada putaran mesin 7000 rpm dengan penggunaan kampas ganda 48,92 mm dan pegas 3,8 N/m sebesar 66 N, sedangkan konsumsi bahan bakar minimal dihasilkan sebesar 0,057 kg/jam.hp pada putaran mesin 3500 rpm dengan penggunaan kampas ganda 55mm dan pegas 4,7 N/m. Untuk Koefisien gesek minimal sebesar 65,81 N pada kampas ganda 48,92.
Kata kunci : daya, gaya driven pulley, kampas ganda, Pegas sentrifugal, dan torsi.
55-UN57.U1-STM-X-2022 | MESIN JAJ S 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain