Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PBL TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QURAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
ABSTRAK
Musytafa, V. W. 2022. “Pengembangan Modul Berbasis PBL Terintegrasi Ayat- Ayat Al-Quran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, M.Pd., Pembimbing II Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Modul IPA, Model Pembelajaran PBL, Terintegrasi Al-Qur’an, Berpikir Kritis
Era globalisasi di abad 21 ini memerlukan SDM (Sumber Daya Manusia) yang memiliki keterampilan dalam menghadapi tuntutan perkembangan zaman, salah satunya yaitu kemampuan berpikir kritis. Hasil observasi menunjukkan SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid merupakan sekolah islam terpadu (SIT) dengan kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Hal ini karena belum adanya bahan ajar yang cocok, belum mengintegrasikan Al-Qur’an, pembelajaran menggunakan metode ceramah, dan demontrasi sederhana, serta belum menggunakan model-model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa serta kemampuan berpikir kritisnya. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kelayakan modul berbasis PBL terintegrasi Al-Qur’an berdasarkan penilaian ahli, efektivitas modul setelah penggunaan modul berbasis PBL terintegrasi Al-Qur’an, serta respon siswa terhadap modul IPA berbasis PBL terintegrasi Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Modul yang dikembangkan selanjutnya diimplementasikan pada subjek penelitian yaitu kelas VIII H di SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid. Hasil penelitian didapatkan kelayakan modul oleh ahli menunjukkan persentase nilai 82,64% dengan kriteria sangat layak. Efektivitas modul didapatkan hasil uji t dengan sig. 0.000 dimana terdapat perbedaan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah penggunaan modul. Peningkatan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilihat hasil uji N-gain sebesar 0,672 dengan kriteria peningkatan sedang. Respon siswa terhadap modul memiliki respon positif didapatkan persentase 89,94% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini yaitu modul berbasis PBL terintegrasi Al-Qur’an telah layak untuk diujicobakan, efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan mendapat respon positif dari siswa.
24-UN57.U1-SI-X-2022 | IPA MUS P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain