Text
SKRIPSI STUDI EKSPERIMENTAL VARIASI MASSA ROLLER CONTINOUS VARIABLE TRANSMISION ( CVT ) TERHADAP PERFORMA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH 110 CC
ABSTRAK
Berdasarkan observasi yang dilakukan kepada pengguna sepeda motor bertransmisi otomatis terdapat beberapa keluhan yang dirasakan, hal yang sering dikeluhkan adalah performa yang kurang responsif. Banyak cara meningkatkan performa pada sepeda motor matic, salah satunya dengan mengubah roller pada continuously variable transmission (CVT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen, metode ini dilakukan dengan cara menguji secara langsung pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variasi massa roller terhadap daya, torsi, konsumsi bahan bakar spesifik, dan emisi gas buang yang dihasilkan sepeda motor 110 cc dengan variasi massa roller 9 gram, roller 10,5 gram, dan roller 12 gram. Objek penelitian ini adalah sepeda motor Mio 110 cc tahun 2011, dengan menggunakan putaran mesin 1500-2500 rpm dengan range 500 rpm. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil torsi terbesar pada roller 9 gram sebesar 11,45 N.m pada putaran mesin 2000 rpm, sedangkan daya terbesar yang dihasilkan sebesar 3,9 hp pada putaran mesin 2500 rpm dengan penggunaan roller 9 gram, konsumsi bahan bakar minimal yang dihasilkan sebesar 0,576 kg/jam.hp pada putaran mesin 2500 rpm dengan penggunaan roller 9 gram, sedangkan emisi gas buang yang dihasilkan sebesar 181 ppm dan 1,98 % CO.
Kata kunci : Roller Standar, Roller 9 gram , Roller 12 gram, Daya, Torsi, Konsumsi Bahan Bakar, Emisi Gas Buang.
57-UN57.U1-STM-X-2022 | MESIN MUF S 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain