Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TEMA LAPISAN BUMI DAN BENCANA BERBASIS RIAS (READING, IDENTIFICATION, ANALYSIS AND SELF REFLECTION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP
ABSTRAK
Utami, Berliana S. 2022. “Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Tema Lapisan Bumi dan Bencana Berbasis RIAS (Reading, Identification, Analysis and Self Reflection) untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M. Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, S. Pd., M. Pd.
Kata kunci :RIAS, Modul, Lapisan Bumi dan Bencana, Pemecahan Masalah
Latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 3 Magelang yang belum difasilitasi oleh pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Proses pembelajaran pertemuan tatap muka terbatas yang dilakukan di SMP Negeri 3 Magelang belum terdapat media yang dapat menarik perhatian siswa dalam menyampaikan materi pembelajaran secara efektif. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk menciptakan media pembelajaran IPA tema lapisan bumi dan bencana melalui modul pembelajaran RIAS untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 3 Magelang. Pengembangan modul pembelajaran ditinjau dari kevalidan, respon, efektivitas dan kepraktisan dari modul untuk diaplikasikan sebagai media pembelajaran pada Kompetensi Dasar 3.10 Tema lapisan bumi dan bencana. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian pengembangan model ADDIE. Langkah pengembangan ADDIE terdiri dari lima langkah yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Desain uji coba yang dilakukan yaitu menggunakan uji nonequivalent control group design dengan sampel penelitian sejumlah 12 siswa kelas VIII E, 32 siswa kelas VII G dan 30 siswa kelas VII H dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian menerapkan metode kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan modul pembelajaran pada aspek kevalidan mendapatkan hasil dari validator sebesar 0,75 termasuk kategori valid sehingga disimpulkan modul pembelajaran IPA berdasar RIAS yang dibuat valid digunakan. Keefektifan modul pembelajaran setelah tahapan implementasi yang diperoleh berdasarkan skor tes N-Gain yaitu 68% dengan kategori cukup efektif sehingga pengembangan modul pembelajaran dinyatakan baik dalam mengembangkan keterampilan pemecahan masalah siswa di SMP Negeri 3 Magelang. Kepraktisan modul pembelajaran didasarkan dari hasil jawaban angket siswa dan guru serta lembar pengamatan pembelajaran yang sudah dilakukan. Hasil jawaban siswa memperoleh nilai sebesar 80,49% artinya sangat praktis dan hasil guru dengan nilai 88,21% artinya sangat praktis sehingga ditarik kesimpulan bahwa modul pembelajaran sangat praktis. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai sebesar 94,5% sehingga keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran RIAS terlaksana dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini telah memenuhi aspek kevalidan pengembangan, efektivitas dan kepraktisan pengembangan media dalam mengembangkan keterampilan pemecahan masalah di SMP Negeri 3 Magelang. Peneliti menyarankan kepada peneliti lain agar mengembangkan bahan ajar khususnya modul pembelajaran IPA berbasis RIAS dengan mengkaji materi-materi lain yang disesuaikan dengan fenomena atau peristiwa yang terjadi dalam kehidupan nyata sehingga modul pembelajaran IPA berbasis RIAS dapat terus berkembang. Lalu, kepada sekolah agar memberikan pelatihan pengembahan bahan ajar dan kepada guru agar melakukan pengembangan terhadap bahan ajar yang diterapkan dalam pembelajaran seperti menggunakan modul IPA berbasis RIAS yang dihubungkan dengan fenomena pada kehidupan nyata karena kegiatan belajar yang diintegrasikan dengan daerah sekitar sangat berguna dan meningkatkan pengetahuan siswa.
25-UN57.U1-SI-X-2022 | IPA UTA P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain