PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TEMA LAPISAN BUMI DAN BENCANA BERBASIS RIAS (READING, IDENTIFICATION, ANALYSIS AND SELF REFLECTION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

BERLIANA SAFIRDA UTAMI - Nama Orang;

ABSTRAK
Utami, Berliana S. 2022. “Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Tema Lapisan Bumi dan Bencana Berbasis RIAS (Reading, Identification, Analysis and Self Reflection) untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M. Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, S. Pd., M. Pd.
Kata kunci :RIAS, Modul, Lapisan Bumi dan Bencana, Pemecahan Masalah
Latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 3 Magelang yang belum difasilitasi oleh pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Proses pembelajaran pertemuan tatap muka terbatas yang dilakukan di SMP Negeri 3 Magelang belum terdapat media yang dapat menarik perhatian siswa dalam menyampaikan materi pembelajaran secara efektif. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk menciptakan media pembelajaran IPA tema lapisan bumi dan bencana melalui modul pembelajaran RIAS untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 3 Magelang. Pengembangan modul pembelajaran ditinjau dari kevalidan, respon, efektivitas dan kepraktisan dari modul untuk diaplikasikan sebagai media pembelajaran pada Kompetensi Dasar 3.10 Tema lapisan bumi dan bencana. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian pengembangan model ADDIE. Langkah pengembangan ADDIE terdiri dari lima langkah yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Desain uji coba yang dilakukan yaitu menggunakan uji nonequivalent control group design dengan sampel penelitian sejumlah 12 siswa kelas VIII E, 32 siswa kelas VII G dan 30 siswa kelas VII H dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian menerapkan metode kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan modul pembelajaran pada aspek kevalidan mendapatkan hasil dari validator sebesar 0,75 termasuk kategori valid sehingga disimpulkan modul pembelajaran IPA berdasar RIAS yang dibuat valid digunakan. Keefektifan modul pembelajaran setelah tahapan implementasi yang diperoleh berdasarkan skor tes N-Gain yaitu 68% dengan kategori cukup efektif sehingga pengembangan modul pembelajaran dinyatakan baik dalam mengembangkan keterampilan pemecahan masalah siswa di SMP Negeri 3 Magelang. Kepraktisan modul pembelajaran didasarkan dari hasil jawaban angket siswa dan guru serta lembar pengamatan pembelajaran yang sudah dilakukan. Hasil jawaban siswa memperoleh nilai sebesar 80,49% artinya sangat praktis dan hasil guru dengan nilai 88,21% artinya sangat praktis sehingga ditarik kesimpulan bahwa modul pembelajaran sangat praktis. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai sebesar 94,5% sehingga keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran RIAS terlaksana dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini telah memenuhi aspek kevalidan pengembangan, efektivitas dan kepraktisan pengembangan media dalam mengembangkan keterampilan pemecahan masalah di SMP Negeri 3 Magelang. Peneliti menyarankan kepada peneliti lain agar mengembangkan bahan ajar khususnya modul pembelajaran IPA berbasis RIAS dengan mengkaji materi-materi lain yang disesuaikan dengan fenomena atau peristiwa yang terjadi dalam kehidupan nyata sehingga modul pembelajaran IPA berbasis RIAS dapat terus berkembang. Lalu, kepada sekolah agar memberikan pelatihan pengembahan bahan ajar dan kepada guru agar melakukan pengembangan terhadap bahan ajar yang diterapkan dalam pembelajaran seperti menggunakan modul IPA berbasis RIAS yang dihubungkan dengan fenomena pada kehidupan nyata karena kegiatan belajar yang diintegrasikan dengan daerah sekitar sangat berguna dan meningkatkan pengetahuan siswa.


Ketersediaan
25-UN57.U1-SI-X-2022IPA UTA P 2022Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA UTA P 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XVI;105HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik