Text
SKRIPSI STUDI EKSPERIMENTAL KEMIRINGAN SUDUT KONTAK PRIMARY PULLEY DAN VARIASI MASSA ROLLER TERHADAP KINERJA MOTOR BAKAR MATIC INJEKSI 110 CC
INTISARI
Berdasarkan observasi yang dilakukan kepada pengguna sepeda motor bertransmisi otomatis terdapat beberapa keluhan yang dirasakan, hal yang sering dikeluhkan adalah performa yang kurang responsif. Banyak cara meningkatkan performa pada sepeda motor matic, salah satunya dengan mengubah kemiringan sudut kontak primary pulley pada continuously variable transmission (CVT) dan merubah massa roller yang sesuai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen, metode ini dilakukan dengan cara menguji secara langsung pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perubahan kemiringan sudut kontak primary pulley dan massa roller terhadap daya, torsi, persentase slip, dan konsumsi bahan bakar spesifik yang dihasilkan sepeda motor 110 cc dengan variasi kemiringan sudut kontak primary pulley 13,5° dan 14° serta massa roller 13 dan 15 gram. Objek penelitian ini adalah sepeda motor Honda Beat PGM-FI 110 cc dengan menggunakan putaran mesin 2000-4000 rpm dengan range 500 rpm. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, primary pulley 13,5° dan roller 13 gram memperoleh hasil yang terbaik pada seluruh pengujian. Nilai torsi terbesar diperoleh pada kecepatan putaran mesin 2000 rpm sebesar 24,95 N.m, sedangkan nilai daya terbesar yang diperoleh sebesar 8,0 hp pada kecepatan putaran mesin 2500 rpm. Persentase terjadinya slip minimal yang dihasilkan sebesar 0,68% pada putaran mesin 2000 rpm, sedangkan konsumsi bahan bakar minimal yang dihasilkan sebesar 0,049 kg/jam.hp pada putaran mesin 2500 rpm.
Kata kunci: daya, konsumsi bahan bakar spesifik, persentase slip, torsi
58-UN57.U1-STM-X-2022 | MESIN NUG S 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain