Text
SKRIPSI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER GLOBAL CITIZEN SISWA SMP
ABSTRAK
Firdausi, Umni Yatti Rusyda. 2022. Pembelajaran IPA Berbasis Socioscientific Issues Untuk Menumbuhkan Karakter Global Citizen Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Socioscientific Issues, Karakter Global Citizen, Siswa SMP.
Karakter global citizen didefinisikan sebagai suatu sikap peduli terhadap sesama makhluk hidup dan lingkungannya dengan indikator pandangan dunia ekologis, sosial dan moral, serta akuntabilitas sosiosaintifik. Dalam proses pembelajaran IPA kondisi siswa yang masih saja mengalami kesulitan dalam menciptakan relevansi antara pengetahuan yang dipelajari dengan persoalan yang ada dikehidupan sehari-hari. Hal tersebut berdampak pada ketertarikan siswa untuk mengetahui informasi mengenai isu dan masalah sosial maupun global. Oleh sebab itu, perlunya pembelajaran IPA yang menggunakan isu-isu sains. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berbasis socioscientific issues dalam menumbuhkan karakter global citizen siswa SMP dan (2) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran IPA berbasis socioscientific issues. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-eksperiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest None equivalent Control Group Design. Jumlah sampel 66 siswa yang terdiri dari 33 siswa kelas VII-A dan 33 siswa kelas VII-C. Teknik pengumpulan data berupa angket karakter global citizen dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test, uji ANOVA, uji N-Gain dan untuk respon siswa menggunakan persentase skor. Hasil analisis data yang didapatkan hasil pretest dan posttest setelah uji Independent Sample T-Test terdapat perbedaan. Hasil uji ANOVA dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh pembelajaran IPA berbasis socioscientific issues untuk menumbuhkan karakter global citizen pada siswa SMP. Hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen 0,32 kategori sedang dan kelas kontrol 0,10 kategori rendah. Berdasarkan kriteria respon siswa yang terdiri dari tanggapan dan reaksi menghasilkan skor rata-rata sebesar 89% kategori sangat positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh pembelajaran IPA berbasis socioscientific issues untuk menumbuhkan karakter global citizen pada siswa SMP dan (2) terdapat respon positif pada pembelajaran IPA berbasis Socioscientific Issues untuk menumbuhkan karakter global citizen pada siswa sebesar 89% dengan kategori sangat positif. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi dan perlunya mempersiapkan isu yang akan digunakan dalam pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami serta waktu pengambilan data yang lebih lama agar memperoleh hasil yang lebih maksimal.
26-UN57.U1-SI-X-2022 | IPA FIR P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain